Beranda Hukum Kriminal Tahanan Polsek Katibung Ini Kabur Setelah Jebol Dinding Sel

Tahanan Polsek Katibung Ini Kabur Setelah Jebol Dinding Sel

628
BERBAGI
Dua tahan Polsek Katibung, Lampung Selatan saat diamankan petugas Satlantas Polres Way Kanan di Jalintengsum KM 206, Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan. (Foto: Humas Polres Way Kanan)
Dua tahan Polsek Katibung, Lampung Selatan saat diamankan petugas Satlantas Polres Way Kanan di Jalintengsum KM 206, Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan. (Foto: Humas Polres Way Kanan)

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG-Dua tahanan Polsek Katibung, Lampung Selatan kasus narkotika dan curat, Yuda Ardiansyah alias Yudi Codet alias IS dan rekannya Nanda Berlian alias SD (21) Bin Soh Basri berhasil kabur dari dalam sel tahanan setelah menjebol dinding sel tahanan Mapolsek Katibung, pada Kamis 30 Agustus 2018 dinihari.

“Ya benar, ada dua tahanan Polsek Katibung, Lampung Selatan yang kabur dari dalam sel tahanan, Kamis dinihari kemarin,”kata Waka Polda Lampung, Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol, Jumat 31 Agustus 2018.

Menurut Waka Polda Lampung ini, kedua tahanan tersebut, kabur dari dalam sel tahanan Mapolsek Katibung dengan cara menjebol dinding sel tahanan.

“Saat ini kasusnya masih diselidiki, bagaimana kedua tahanan tersebut bisa sampai menjebol sel dan kabur,”ujarnya.

Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol mengungkapkan, kedua tahanan tersebut, diperkirakan kabur dari sel tahanan Mapolsek Ketibung setelah pukul 02.00 WIB dinihari. Pasalnya petugas yang sedang tugas saat itu, melihat keduanya masih berada di dalam kamar sel tahanan. Ketika petugas sedang mengambil makan untuk sahur, lalu kembali lagi dan duduk di depan sel tahanan kedua tahanan itu sudah kabur.

“Sekitar pukul 02.00 WIB keduanya masih ada di sel tahanan, begitu petugas sedang ambil makanan sahur lalu kembali lagi dan duduk di depan sel ternyata kedua tahanan tersebut sudah tidak ada lagi di dalam kamar sel tahanan,”ungkapnya.

Selanjutnya, kata Brigjen Pol Angesta Romano Yoyol, dilakukan pengejaran terhadap kedua tahanan tersebut. Keduanya berhasil ditangkap lagi oleh petugas Satlantas Polres Way Kanan saat keduanya menumpang kendaaran Suzuki APV warna merah plat nomor BG 1238 NM di Jalan Lintang Tengah Sumatera (Jalintengsum) KM 206, Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan, Kamis 30 Agustus 2018 sore sekitar pukul 17.10 WIB.

“Saat dalam perjalanan menuju Mapolres Way kanan, kedua tahanan tersebut berusaha kabur lagi dengan cara melompat keluar dari dalam kendaraan yang diamankan. Yang jelas, untuk satu tahanan Nanda alias SD sudah ditangkap dan satu tahanan lagi Yuda alias Yudi Codet alias IS saat ini masih dalam pengejaran petugas,”terangnya.

Diberitakan sebelumnya, dua tahanan Polsek Katibung, Polres Lampung Selatan kasus narkotika dan curat yang hendak kabur menuju Palembang, Sumatera Selatan, berhasil diamankan anggota Satuan Lalu lintas (Satlantas) Polres Way kanan di Jalan Lintang Tengah Sumatera (Jalintengsum) KM 206, Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan, Kamis 30 Agustus 2018 sekitar pukul 17.10 WIB.

Adapun Identitas dari kedua tahanan Polsek Katibung, Polres Lampung Selatan yang kabur tersebut adalah, Yuda Ardiansyah alias Yudi Codet alias IS dan rekannya Nanda Berlian alias SD (21) Bin Soh Basri. Polisi menangkap kedua tahanan kabur tersebut, saat menumpang kendaaran Suzuki APV warna merah plat nomor BG 1238 NM.

Namun sayangnya, meski sudah berhasil ditangkap satu dari dua tahanan tersebut berhasil kabur kembali setelah melompat dari dalam kendaraan yang diamankan saat akan dibawa menuju ke Mapolres Way Kanan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Way kanan, AKP I Wayan Budiarta saat dikonfirmasi membenarkan mengenai penangkapan dua tahanan Polsek Katibung, Polres Lampung Selatan yang hendak berusaha kabur menuju Palembang, Sumatera Selatan.

“Ya benar, petugas mengamankan dua tahanan kabur tersebut, Kamis 30 Agustus 2018 sekitar pukul 17.10 WIB di Jalintengsum KM 206 Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan,”ujarnya, Jumat 31 Agustus 2018.

Menurutnya, untuk identitas dua orang tahanan yang kabur itu, Yuda Ardiansyah alias Yudi Codet dan rekannya Nanda Berlian.

AKP I Wayan Budiarta mengutarakan, penangkapan kedua tahanan itu, setelah pihaknya mendatkan informasi, bahwa adanya dua orang tahanan kasus narkotika dan curas Polsek Katibung, Lampung Selatan yang melarikan diri. Kedua tahanan tersebut, diperkirakan kabur menuju kearah Palembang, Sumatera Selatan.

“Setelah mendapat informasi itu, petugas langsung melaksanakan giat patroli hunting melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah kendaraan dan penumpang yang melintas di Jalintengsum Kampung Karang Umpu, Kecamatan Blambangan Umpu, Way Kanan,”ungkapnya.

Dalam pemeriksaan itu, kata AKP I Wayan Budiarta, petugas memberhentian kendaraan Suzuki APV warna merah plat nomor BG 1238 NM untuk dilakukan pemeriksaan surat-surat kendaraan, identitas pengemudi dan penumpang yang ada di mobil tersebut. Saat dilakukan pemeriksaan, ada dua orang penumpang yang dicurigai sebagai tahanan kabur itu karena tidak dapat menunjukkan identitasnya.

“Saat dilakukan pemeriksaan lebih mendalam, ternyata adanya kecocokan serta kemiripan dari ciri-ciri tahanan Polsek Katibung, Lampung Selatan yang kabur tersebut,”ucapnya.

Selanjutnya, petugas langsung mengamankan seluruh penumpang dan pengemudi tersebut untuk dibawa ke Mapolres Way kanan. Ketika dalam perjalanan menuju Mapolres Way kanan, dua orang tahanan tersebut mencoba untuk melarikan diri kembali dengan cara melompat keluar dari dalam kendaraan.

“Yuda alias Yudi Codet alias IS berhasil melarikan diri, sedangkan untuk rekannya Nanda alias SD berhasil ditangkap lagi setelah dilumpuhkan oleh petugas,”terangnya.

Loading...