Beranda Kolom Sepak Pojok Tahun Baru, Saatnya Membakar Mantan

Tahun Baru, Saatnya Membakar Mantan

5383
BERBAGI
Ilustrasi/Supriyanto

Oyos Saroso H.N.

Tahun baru 2020 segera tiba. Inilah saat terbaik untuk membakar para mantan. Para mantan ialah segala kenangan tentang janji palsu, omongan sampah, bujuk rayu bohong, tipu daya politik, dan aneka kebusukan berbalut kalimat manis bergula. Limbah beracun mantan kenangan janji pilpres, pemilu, dan pilkada 2019 harus segera kita musnahkan.

Mantan itu akan segera kita bakar. Namun, ia akan kembali datang pada 2020. Ya, pada 2020 akan kembali digelar pilkada serentak. Artinya, akan kembali datang gelombang bujuk rayu, omong kosong di siang terik, bualan program. Dan, tidak lupa: kiriman sarung, jilbab, baju koko, gula, sabun, sembako, uang receh yang dibungkus amplop.

Kita tidak pernah tahu gelombang rayuan itu datang. Pastinya, calon mantan kenangan buruk itu biasanya akan datang sambil tersenyum, berpura-pura sangat peduli, icak-icak dermawan — padahal sumber kedermawanan itu berasal dari cukong.

Tahun baru akan datang. Yang lama akan kita tinggalkan. Yang buruk akan kita buang. Masalahnya, yang buruk dan dosa kerap menggiurkan dan menyenangkan. Buruk dan berdosa misalnya adalah politik uang. Memang kecil-kecilan: cuma kiriman gula atau sabun atau sarung atau jilbab atau uang. Bahkan mungkin semuanya. Kalau toh semuanya (gula, sabun, sarung, jilbab, dang) nilainya tetap kecil. Tidak sampai jutaan perak. Sogok kecil-kecilan kalau masif dan merata akan bisa mengantarkan pasangan calon kepala daerah bisa memenangi pilkada.

Permisif dan pelupa! Itulah penyakit yang menjangkiti saya dan mungkin juga Anda. Karena permisif, maka saya akan menerima apa pun “sedekah bertendens” para calon kepala daerah. Karena kita permisif, maka siapa pun yang dimodali paling besar oleh cukong akan menjadi bisa membeli banyak suara. Dan… hal itu tidak ada sanksinya! Kalaupun dilaporkan ke lembaga pengawas, ujung-ujungnya zonk alias tiada hasil.

Makanya, jangan salahkan kalau ada setengah orang bilang: “Kalau monyet dan beruk dipasangkankan untuk maju pilkada, asal dicukongi oleh raja cukong maka akan menang!”

Alamakkkk! Pusing kepala mamang mendengarnya….

….

Tahun baru segera datang. Inilah saat terbaik membakar mantan (kenangan buruk)….

Loading...
BERBAGI
Artikel sebelumyaBMKG: Hujan Mengguyur Jakarta pada Malam Tahun Baru
Artikel berikutnyaGunung Anak Krakatau Kembali Erupsi, Status Waspada
Portal Berita Lampung: Terkini, Independen, Terpercaya