Beranda Ruwa Jurai Mesuji Tahun Ini Empat PLTS akan Dibangun di Mesuji

Tahun Ini Empat PLTS akan Dibangun di Mesuji

212
BERBAGI
Ilustrasi PLTS (dok)

MESUJI, Teraslampung.com — Kabupaten Mesuji pada tahun ini akan mendapat bantuan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terpusat. Kepastian tersebut disampaikan oleh Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Maritje Hutapea melalui surat yang dikirim kepada Bupati Mesuji, Khamami.

Adapun realisasi pembangunan PLTS terpusat tersebut merupakan usulan dari Pemkab Mesuji kepada Kementerian terkait.

PLTS terpusat tersebut akan dibangun menggunakan dana APBN yang pelaksanaannya mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Kegiatan Fisik Pemanfaatan Energi Baru Terbarukan. Rencananya, PLTS tersebut akan dibangun di empat lokasi, yaitu Desa Mulyosari (Kec. Mesuji) dengan kapasitas 30 kWp, Desa Sri Tanjung (Kec. Tanjung Raya) dengan kapasitas 20 kWp, Desa Talang Batu (Kec. Mesuji Timur) berkapasitas 20 kWp, dan Desa Sungai Sidang (Kec. Rawajitu Utara) berkapasitas 20 kWp.

Sementara itu, Bupati Khamami menyambut baik dan mengapresiasi dengan direalisasikan pembangunan PLTS terpusat tersebut pada tahun ini.

“Saat ini masih banyak wilayah Mesuji yang belum teraliri listrik PLN, termasuk di empat desa tersebut. Harapannya dengan dibangun PLTS terpusat tersebut dapat membantu memudahkan masyarakat memperoleh energi listrik, sehingga dapat meningkatkan perkembangan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, terlebih menggunakan energi yang terbarukan dan ramah lingkungan,” ujarnya Rabu (5/08/2015) di sela-sela mengikuti Program Pemantapan Pimpinan Daerah Angkatan (P3DA) IX di Lemhannas RI, Jakarta.

Rl

Loading...