Tak Penuhi Panggilan Bawaslu, Jokowi Bisa Didiskualifikasi

Bagikan/Suka/Tweet:
Muhammad

JAKARTA, Teraslampung.com – Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) terancam didiskualifikasi menjadi peserta Pemilu Presiden 2014 jika  pada Jumat (6/6) besok kembali tidak hadir ke kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI untuk mengklarifikasi dugaan pelanggaran pemilu beberapa waktu lalu.

Hari ini (5/6) Jokowi seharusnya memenuhi panggilan Bawaslu, setelah tidak hadir memenuhi panggilan Bawaslu pada Rabu lalu (4/6).

“Kami harap beliau (Jokowi) dapat datang atau hadir dalam upaya klarifikasi ini. Sebenarnya ini kesempatan yang baik untuk mengklarifikasi. Panggilan ketiga akan kami layangkan,” kata Muhammad, Kamis (5/6).

Menurut Muhammad,  jika pada  pemanggilan  ketiga pada esok hari Jokowi ternyata tetap tidak hadir, maka pihak Bawaslu RI akan bersikap tegas, untuk mengambil keputusan sesuai dengan tingkat kesalahan yang dilakukan Jokowi.

“Kalau dia ternyata benar-benar tidak hadir juga,  kami akan menentukan sikap (mengeluarkan keputusan). Kalau itu kasusnya termasuk ke dalam kategori pelanggaran pidana, maka dia bisa didiskualifikasi dari pencapresannya di Pilpres 2014,” kata dia.