Beranda Views Inspirasi Tanaman Obat, Pria Ini akan Kembangkan Kebun Kina di Pesawaran

Tanaman Obat, Pria Ini akan Kembangkan Kebun Kina di Pesawaran

1559
BERBAGI
Ahmad Muslimin di kebun vanili.

TERASLAMPUNG.COM — Kina tiba-tiba begitu terkenal bersamaan merebaknya virus corona atau Covid-19. Kina diyakini bisa menyembuhkan pengidap virus corona.

Terkait hal itu, Ahmad Muslimin, seorang pekerja sosial dan petani vanili, akan menjadikan lahan seluas 12.735,53 hektare di Kabupaten Pesawaran, Lampung menjadi kebun kina. Dengan tanaman kina, kebun itu nantinya diharapkan akan bisa menjadi lumbung bahan baku obat sekaligus sebagai daerah resapan air.

“Juga untuk ketahanan pangan,” kata Direktur Utama Perusda PT Laba Jaya Utama – BUMD Pesawaran, itu Kamis (2/4/2020).

Ahmad mengaku budidaya kina ini akan ia kembangkan setelah berhasil mengembangkan tanaman vanili.

“Di dalam kebun kina itu nantinya akan kami tanam pohon kelor sebagai pelindung. pohon Alpukat atau pohon lainnya akan jadi jalaran vanili jenis flanivolia, cabe Jawa dan sirih merah,” katanya.

Menurut Muslimin, Gunung Pesawaran dengan ketinggian 1.681Mdpl. bercurah hujan 2.264mm hingga 2.868mm pertahun dan hari hujan 90mm hingga 176 mm per hari/tahun atau 161,8mm/bulan dan rata-rata hari hujan 13,1mm/bulan, bertemperarur 26 derajat Celcius hingga 29 derajat Celcius dan suhu rata-rata 28 derajat Celcius sangat cocok untuk perkebunan pohon kina jenis cinchona ledge Riana moens.

“Kina jenis ini miliki kandungan kinin tinggi dan cinchona succiruba dengan keunggulan tahan terhadap penyakit akar. Selain untuk bahan baku obat aneka penyakit, kina juga untuk bahan baku minuman bersoda dan bahan kosmetik. Meski pohon kina harus melalui Tanam Belum Menghasilkan(TBM) selama 7 tahun, namun di usia 3 tahun sudah dapat melaksanakan pemanenan penjarangan dengan hasil 500kg kulit kering. Kina dalam per hektarenya yang miliki potensi produksi SQ7 3 proses sebanyak 15,00/Ha kulit kering kina tepung,” katanya.

Ahmad mengatakan, saat ini permintaan pasar nasional dan internasional akan kulit kina kering tepung (K3T) semakin meningkat.

“Namun tidak bisa dipenuhi oleh perkebunan dan pabrik kina di afdeling Bukit Tunggal di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa barat – Indonesia,” kata dia.

“Rncana ini juga selaras dengan pokok pikiran Pak Bupati Pesawaran Dendi Romadhona untuk dalam menumbuhkembangkan perekonomian rakyat Pesawaran yang berkelanjutan,” katanya.

 

Loading...