Tangki Kilang Minyak Pertamina Cilacap Terbakar, Puluhan Warga Diungsikan

Kebakaran di tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu malam (13/11/2021). Foto: Youtube/Istimewa
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, CILACAP — Tangki kilang minyap Pertamina Cilacap, Jawa Tengah, terbakar pada Sabtu malam pukul 19.30 WIB. Pihak Pertamina dan kepolisian belum mengetahui penyebab kebakaran yang terjadi pada saat hujan mengguyur Kabupaten Cilacap itu. Namun, beberapa saksi mengaku melihat  terdengar petir sebelum terjadinya kebakaran tersebut.

Eko Gumilar, warga yang diwawancarai MetroTv mengungkapkan melihat petir sebelum kilang pertamina Cilacap terbakar.

“Petir pertama menyambar, terdengar ledakan. Lalu saya keluar dan melihat kebakaran,” kata Eko seperti dikutip dari MetroTV, Sabtu malam (13/11/2021).

Menurut Eko,  saat kebakaran hujan mengguyur wilayah kilang minyak Pertamina tersebut.

PT Pertamina (Persero) membenarkan bahwa saat ini terjadi kebakaran tangki produk di kilang Cilacap, Jawa Tengah.

Sekretaris Perusahaan Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya membenarkan kebakaran tersebut. Namun, Ifki mengaku belum memastikan penyebab kebakaran.

“Ya terjadi kebakaran tanki produk. Bukan kilangnya yang terbakar,” kata Ifki.

Hingga Sabtu tengah malam, api masih berkobar di tangki kilang Pertamina Cilacap. Untuk menghindari dampak buruk bagi masyarakat, 80-an warga yang tinggal di dekat lokasi kebakaran dkiungsikan.

Sebelumnya, kabar kebakaran tangki kilang minyak Pertamina di Cilacap tersebut di grup WhatsApp dan Twitter. Seorang warganet membagikan video pendek berdurasi 13 detik lewat akun Twitter @afriqh_s. “Pertamina cilacap tersambar petir 3.6,” tulisnya.

Ada juga video pendek dengan angle berbeda yang dibagikan oleh @HenryKrijgsman. “Baru saja ada kejadian tangki minyak meledak di Pertamina Cilacap, menurut warga sekitar pemicunya karena tersambar petir,” tulisnya pada 53 menit lalu.

Kilang Cilacap merupakan satu dari 6 Kilang Pertamina, dan kapasitas pengolahan 270 ribu barel per hari. Kilang ini memiliki sekitar 200 tangki untuk menampung crude, gas, serta BBM hasil pengolahan minyak mentah.

 

You cannot copy content of this page