Beranda Ekbis Bisnis Tanifund Tawarkan Kerjasama Pembiayaan bagi Petani dan Peternak di Lampung

Tanifund Tawarkan Kerjasama Pembiayaan bagi Petani dan Peternak di Lampung

471
BERBAGI
Rully saat memaparkan skema peluang kerjasama Tanifund dengan petani sinkong di Hotel Emersia Bandarlampung, Kamis (26/10/2017).

Teraslampung.com — Pemasaran dan pembiayaan ubi kayu menjadi salah satu masalah dalam pengembangan komoditas ubi kayu di Indonesia, termasuk di Lampung. Terkait hal itu, Tanifund, sebuah lembaga pembiayaan, siap membantu dan bekerja sama dengan para petani dan nelayan Lampung untuk memecahkan masalah pembiayaan.

Rully dari TaniFund mengatakan, Tanifund adalah sebuah usaha sosial yang fokus pada pertanian, peternakan, dan perikanan. Misi utama kami untuk memberikan akses keuangan alternatif kepada petani, peternak, dan nelayan Indonesia sehingga mereka dapat mengembangkan usahanya dan hidup lebih baik.

Menurutnya Tanifunf juga  aktif dalam mengedukasi dan membina para petani, peternak dan nelayan yang bekerjasama dengan kami.

“Salah satu tujuannya juga berupaya untuk memutus mata rantai dari para perani penggumpul atau tengkulak karena saat ini harga ubi kayu ditingkat petani sangat rendah Rp300/kg,”kata Rully dalam rapat forum koordinasi DRD Se-Sumatra I tahun 2017, di Hotel Emersia Bandarlampung, Kamis (26/10/2017).

Rully menjelaskan Tanifund diperuntukkan bagi para petani yang tidak memiliki akses pembiayaan dan lahan kecil.

“Di Tanifund skema bagi hasil kami bervariasi bergantung pada jenis program budidayanya. Skema paling umum yang kami lakukan adalah 40% untuk pemodal, 40% untuk penggarap program budidaya, dan 20% untuk TaniFund,” katanya.

Mas Alina Arifin

Loading...