Seni  

Tanpa Bantuan Pemerintah Daerah, DAAL Wakili Lampung Pentaskan ILAIKA #4 di Hari Teater Dunia 2022

Proses latihan karya ILAIKA #4 yang akan dipentaskan di Solo,
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, Bandarlampung — Kelompok seni DianArza Arts Laboratory (DAAL) akan menjadi wakil Provinsi Lampung dalam perhelatan Hari Teater Dunia tahun 2022 yang dipusatkan di Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT, Jalan Ir. Sutami, Kota Solo – Jawa Tengah. Meskipun tanpa dukungan bantuan dari pemerintah daerah,  DAAL akan tampil dihajat seni bergengsi ini dengan membawa nama Lampung.

Koreografer DAAL Dian Anggraini mengatakan kegiatan Hari Teater Dunia akan digelar dari tanggal 22 – 26 Maret 2022 di Kota Solo-Jawa Tengah akan diikuti lebih dari tiga puluh kelompok seni yang ada di Indonesia.

“Pada perhelatan ini DAAL akan membawakan karya bertajuk ‘ILAIKA #4: Metatubuh’ dan mengusung konsep danceteater yang bersifat eksperimentatif. Danceteater ‘ILAIKA #4: Metatubuh’ merupakan karya pertunjukan yang bercerita tentang makna rindu yang bersifat universal dan diterjemahkan dalam bentuk kinestetik gerak yang dipadukan koreografi dramatik yang terpola,” ujar Dian, Minggu (20/3/2022).

Menurut Dian, karya ‘ILAIKA #4: Metatubuh’ ini untuk kali keempat dipentaskan. Sebelumnya sudah dipentaskan di Lampung, Jambi, dan Bandung secara hybrid. Untuk kali ini, DAAL melakukan penggalian metatubuh, pelampauan kerja-kerja tubuh subjektif dan eksperimentatif dari yang biasanya dilakukan sehari-hari.

Soal proses persiapan, alumnus ISI Yogyakarta ini menuturkan, secara teknis proses persiapan karya ‘ILAIKA #4: Metatubuh’ terbilang cukup singkat.

“Hanya sekitar dua bulan.Tetapi  dalam kurun waktu tersebut, latihan fisik dan pemanggungan secara intensif dilakukan hingga tengah malam,” katanya.

“Ini semuanya agar kami bisa menampilkan karya yang terbaik sekaligus menjaga nama baik Lampung di negeri orang. Saya akui, bahwa dalam kegiatan ini kami tidak ada bantuan sama sekali dari dinas atau instansi daerah Lampung. Cukup sulit berkesenian di Lampung karena nyaris minim dukungan dari pemerintah tapi DAAL jalan terus,” tandasnya.

Christian Heru

You cannot copy content of this page