Beranda Hukum Tanpa Izin, Perusahaan Distributor Oli Beroperasi di Tengah Kota

Tanpa Izin, Perusahaan Distributor Oli Beroperasi di Tengah Kota

287
BERBAGI
Beberapa drum BBM ilegal disita dari sebuah rumah di kawasan Gunung Kunyit, Sukaraja, Bandarlampung, Rabu, 13 Agustus 2014. (Teraslampung.com/Zaenal Asikin)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Sebuah perusahaaan distributor oli tanpa izin beroperasi di tengah Kota Bandarlampung, tepatnya di Jalan Pulau Damar, Kelurahan Way Dadi, Kecamatan Sukarame. Perusahaan di bawah bendera PT Prima Karya Nusa itu ditemukan Komisi I DPRD Kota Bandarlampung saat menggelar inspeksi mendadak, Kamis (11/12).

Terhadap temuan itu, anggota Komisi I DPRD Bandarlampung, Irpan Setiawan, menegaskan pihaknya akan segera memanggil pihak manajemen perusahaan dalam rapat dengar pendapat dengan DPRD.

Irpan mengaku, saat sidak di lokasi, Komisi I menemukan perusahaan ilegal itu sedang beroperasi. Sayangnya, kata dia, pemimpin perusahaan tersebut tidak ada di tempat sehingga tidak bisa diketahui secara pasti soal perizinannya/

“Kami menyayangkan, kenapa menjalankan bisnis tetapi tidak mau mengurus izin,” katanya.

Saat anggota Dewan turun ke lapangan, ditemuo Yeni, seorang staf bagian keuangan perusahaan tersebut.

Lurah Waydadi, Heri S, mengaku berdasarkan data di kantornya, perusahaan itu tidak memiliki SITU. Menurut Heri, seharusnya perusahaan mana pun harus mengurus izin tempat usaha (SITU) ketika hendak beroperasi di sebuah wilayah.

“Awal Desember  tahun lalu perusahaan itu  berjanji ntuk melengkapi izin seperti SIUP, SITU, HO. Namun, sampai sekarang tidak jelas kelanjutannya. Yang pasti mereka terus beroperasi,” kata dia.

Syailendra Arif

Baca Juga: Kasus Puluhan Ribu BBM Ilegal, Polisi Belum Temukan Pemilik 
Baca Juga: Polisi Amankan Ribuan Liter BBM Ilegal