Targetkan 10 Besar di PON XIX, Pemprov Lampung Gelontorkan Dana Rp 55 Miliar

  • Bagikan
Gubernur Ridho Ficardo dalam pencanangan Pelatprov, Kamis (25/2/2016).

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Lampung ditargetkan bisa menyodok ke posisi 8 besar besar PON XIX yang akan digelar di Jawa Barat. Untuk itu, Pemprov Lampung menyiapkan dana sebesar Rp55 miliar dan menyiapkan pemusatan pelatihan secara serius

“Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh. Pertama dari sisi anggaran, cukup besar yakni Rp55 miliar. Ini merupakan anggaran yang paling besar yang pernah dianggarkan untuk KONI. Anggaran tersebut harus efektif dan efisien,”kata Ridho, ketika membuka pencanangan Pemusatan Pelatihan Provinsi (Pelatprov) Lampung PON XIX, di Balai Keratun, Kompleks Pemprov Lampung, Kamis (25/2/2016).

Menurut Ridho, para atlet dan pelatih bertanding atas nama rakyat. “Sebab itu, uang tersebut dianggarkan dari uang rakyat, bawa amanah rakyat. Prestasi kita ditunggu oleh rakyat Lampung,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, Ridho yang juga Ketua KONI Lampung melantik Danrem Garuda Hitam Kolonel Joko Putranto sebagai  Ketua Satuan Pelaksana (Satlak) Pelatprov Lampung untuk PON XIX.

Ridho mengatakan Pemprov menyiapkan anggaran yang cukup besar demi membawa nama baik Lampung, dipentas PON XIX di Jawa Barat.

Menurut Ridho PON bukanlah ajang sosialisasi ataupun rekreasi. Ia mengingatkan sebelum pertandingan selesai, sebelum para atlet mendapat medali, semua adalah lawan.

“Setelah pertandingan usai barulah cari sebanyak-banyaknya teman sesama atlet,sehingga saat pertandingan harus fokus,” katanya.

Ridho meningatkan, perang intelijen juga terjadi menjelang PON digelar. Antara lain,  antardaerah saling memata-matai, mencari celah musuh bahkan daerah lain akan mencoba merayu dengan iming-iming tertentu agar bisa mendapatkan atlet terbaik dari daerah lain.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) berlangsung 4 tahun sekali, pada PON sebelumnya Lampung berhasil bertengger diperingkat 10. Tahun ini Gubernur sekaligus Ketua KONI Lampung Ridho Ficardo dan Ketuan Satlak Pelatprov Kol Joko Putranto menargetkan Lampung masuk kedalam peringkat 8 besar dengan mengirim atlet pada 27 cabang olahraga.

Pada PON XVIII di Riau (2012) lalu, Lampung berada di peringkat 10. Kala itu Lampung berada di bawah DKI Jakarta, Jabar, Jatim, Jateng, Kaltim, Riau, Sulsel, Sumut, dan Bali.

Lampung, Bali,dan Sumur sebenarnya sama-sama mengoleksi 15 medali emas. Namun, peringkat Sumut dan Bali lebih baik karena mereka unggul dalam pengumpulan medali perak dan perunggu.

  • Bagikan