Tatib Pilwabup, Bupati Lampura belum Surati Parpol Pengusung

  • Bagikan
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo
Bupati Lampung Utara, Budi Utomo

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Bupati Budi Utomo hingga kini masih belum mengirimkan surat pemberitahuan mengenai pengesahan Peraturan Tata Tertib DPRD tentang Pemilihan Wakil Bupati Lampung Utara pada partai politik pengusung. Padahal, surat itu sangat ditunggu oleh salah satu partai politik pengusung.

“Sampai saat ini belum mengirimkan surat tersebut,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Surya Ardianto, Selasa (5/10/2021).

Bahkan, Surya mengatakan, Pemkab Lampung Utara masih belum menerima surat pemberitahuan dari lembaga legislatif. Jika memang telah diterima oleh bupati, surat itu nantinya akan diteruskan pada Bagian Hukum atau Bagian Tata Pemerintahan.

“Sepertinya surat dari DPRD juga belum masuk ke Bagian Umum Sekretariat Daerah,” kata dia.

Di lain sisi, Sekretaris DPRD Lampung Utara, Ahmad Alamsyah mengatakan, kewenangan mengenai surat tersebut berada di tangan (mantan) Panitia Khusus Tata Tertib Pilwabup. Pihaknya hanya bersifat memfasilitasi dan tidak dapat masuk ke ranah tersebut.

“Kalau masalah surat, silakan konfirmasi ke pak Wansori karena beliau yang menjadi Ketua Pansus Tatib Pilwabup,” terangnya.

Sebelumnya, Bupati Budi Utomo akan segera memberitahukan secara resmi pada partai politik pengusungnya terkait telah disahkannya Peraturan Tata Tertib DPRD Lampung Utara tentang Pemilihan Wakil Bupati. Langkah ini sebagai respon dari permintaan Partai Gerindra Lampung Utara belum lama ini.

“Sebelum sidang paripurna digelar ada pembicaraan seperti itu antara pak bupati dan pak Madri Daud selaku Wakil Ketua I DPRD. Respon bupati, surat itu akan dijadikan dasar untuk menyurati partai politik pengusungnya,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Utara, Lekok belum lama ini.

Pernyataan Lekok ini sebagai respon dari permintaan ‎Partai Gerindra Lampung Utara yang menginginkan adanya pemberitahuan resmi mengenai peraturan dan pembentukan Panitia Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Lampung Utara.

“Eloknya, partai politik diberitahukan secara resmi terkait telah disahkannya Peraturan ‎Tata Tertib DPRD tentang Pilwabup dan telah dibentuknya Panitia Pilwabup,” jelas Ketua Partai Gerindra Lampung Utara, Farouk Danial kala itu.

Sampai saat ini, mereka belum menerima pemberitahuan apapun seputar hal tersebut. Padahal, melalui pemberitahuan ini maka koalisi partai politik pengusung akan mendapat kepastian bahwa kabar pengesahan tata tertib dan panitia pemilihan itu memang benar adanya. Selama tiga hari ini, kabar tentang hal tersebut mereka dengar dari media massa dan bukannya langsung dari pihak terkait.

‎”Kalau sudah diberitahukan berarti kabar itu sudah resmi‎. Pemberitahuan itu bisa datang dari bupati atau langsung dari DPRD sendiri,” kata dia.‎

  • Bagikan