TBL Mulai Gratiskan Pemakaian Gedung, Sikam Lampung akan Gelar Temu Seniman Kampus

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Tuntutan keringanan biaya sewa atau penghapusan restribusi pemakaian fasilitas gedung Taman Budaya Lampung (TBL) yang diajukan Forum Peduli Pemajuan Kebudayaan Lampung (FPPKL) pada 1 Desember 2021 lalu, mendapat tanggapan positif dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi  Lampung dan TBL.

Saat unjuk rasa damai yang digelar FPPKL pada 1 Desember 2021 lalu, Kadis Dikbud Lampung Sulpakar berjanji akan  memfasilitasi tuntutan-tuntutan FPPKL agar secepatnya dikabulkan.

Merespon janji tersebut, pada tanggal 7 Desember, Koordinator FPPKL Alexander GB bersama  beberapa pegiat seni lainnya melakukan silaturahim dengan pihak TBL untuk membicarakan  langkah konkret TBL dalam menyikapi berbagai permasalahan yang sedang terjadi.

Pada pertemuan tersebut, Plt Kepala TBL Aris Padila menyatakan TBL siap terbuka dalam menjalin kerja sama dengan para pegiat seni untuk bersama-sama menciptakan ekosistem seni-budaya yang sehat di Lampung. Ia berjanji TBL akan merangkul para seniman dan menjadikan mereka sebagai mitra dalam upaya memajukan seni-budaya di Lampung.

“Taman Budaya terbuka untuk pegiat seni dan budaya. Silakan manfaatkan fasilitas yang ada di rumah kita ini. Ke depannya, seluruh kalangan pegiat seni di Lampung harus menjadi mitra bagi Taman Budaya Lampung. Kita fokus untuk sama-sama memajukan seni-budaya di Lampung agar lebih baik lagi,” ujar Aris Fadila.

Terkait dengan penggunaan fasilitas gedung, ia dengan tegas menyatakan bahwa TBL setuju untuk melakukan penghapusan retribusi bagi para pegiat seni di Lampung yang akan melakukan kegiatan seni-budaya.

“Seperti yang Pak  Kadis Dikbud katakan, fasilitas di Taman Budaya kami gratiskan untuk pelaku seni, baik individu ataupun kelompok. Mari sama sama kita kawal perubahan Pergubnya” tambah Aris.

Dalam pertemuan FPPKL dan pihak Tambud, perwakilan Seniman Kampus (Sikam) Lampung  menyampaikan ketersediaannya menjalin komitmen dan bermitra dengan taman budaya. Hal itu perlu dilakukan dalam upaya memajukan kebudayaan di Provinsi Lampung.

Perwakilan Sikam juga menyampaikan Sikam akan mengadakan kegiatan Temu Seniman Kampus Lampung di Taman Budaya Lampung. kegiatan tersebut diagendakan terlaksana pada tanggal 17 Desember 2021.

Masing-masing UKM seni yang ada di Lampung akan berkolaborasi untuk menyuguhkan pertunjukan seni dalam satu panggung. kegiatan ini pun direspon dengan baik: Taman Budaya lampung siap bekerja sama untuk menyukseskan acara tersebut.

  • Bagikan