Tenggat Akhir Maret, Pemkab Lampura Segera Sampaikan LKPj kepada Legislatif

Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Kantor Pemkab Lampung Utara (Foto: © Teraslampung.com)
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi — Dalam waktu satu atau dua hari ini, Pemkab Lampung Utara akan segera menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah tahun 2021 pada lembaga legislatif. Penyampaian LKPj ini untuk merespons tenggat waktu penyampaian LKPj yang jatuh pada setiap akhir Maret.

“Kalau memang selesai hari ini, hari ini akan disampaikan. Tapi, kalau memang percetakannya belum siap, mungkin besok,” kata Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Surya Ardianto, Senin (28/3/2022).

Surya menjelaskan, berdasarkan aturan yang ada, penyampaian LKPj wajib dilakukan sebelum akhir Maret setiap tahunnya. LKPj yang akan mereka sampaikan ini ialah LKPj tentang pemerintah, sedangkan laporan mengenai keuangan merupakan wewenangnya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset.

“Kalau untuk laporan mengenai keuangan itu ranahnya BPKA. Kami hanya menyampaikan LKPj mengenai pemerintahan saja,” tuturnya.

LKPj pemerintahan ini berisikan pencapaian pelayanan wajib dasar‎ dan wajib non pelayanan dasar. Pelayanan wajib dasar itu di antaranya meliputi kesehatan, pendidikan, infrastruktur, sosial. Untuk wajib pelayanan non dasar di antaranya meliputi statistik, pengendalian penduduk.

“Secara garis besar, pencapaiannya sudah memuaskan,” kata dia.

Surya menambahkan, setelah LKPj itu disampaikan maka mekanisme selanjutnya ada di tangan pihak legislatif. Nantinya, LKPj itu akan dibahas oleh mereka. Jika memang diperlukan, tak menutup kemungkinan akan ada rekomendasi – rekomendasi yang akan disampaikan oleh pihak legislatif mengenai LKPj tersebut.

“Tujuan pemberian rekomendasi itu tentu untuk lebih menyempurnakan‎ penyelenggaraan pemerintahan di masa mendatang,” jelasnya.

You cannot copy content of this page