Tentang Kapolri, Presiden Jokowi Minta Masyarakat Sabar

  • Bagikan
Presiden Jokowi menyampaikan tanggapannya terkait hasi uji kelayanan dan kepatutan calon Kapolri di DPR dan status Komjen Budi Gunawan sebagai tersangja, Jumat (16/1). Foto: dok setkab.

JAKARTA,Teraslampung.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat bersabar dan menunggu terkait keputusan mengenai calon Kapolri Komjen Pol Budi Gunawan.

Dalam jumpa pers  di halaman belakang Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 16/1), Presiden Jokowi mengatakan dirinya sudah  menerima surat dari DPR sebagai hasil fit and proper test atas diri  Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai calon Kapolri.

“Mengenai Kapolri tadi malam sudah saya terima surat dari DPR, sekarang tengah diproses  di Setneg, sabar dan tunggu,” kata Presiden Jokowi.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kesempatan itu antara lain Seskab Andi Widjajanto, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menkeu Bambang Brojonegoro, Menteri ESDM Sudirman dan Menko Perekonomian Sofyan Djalil.

Ketika ditanya soalapakah Budi Gunawan akan dilantik sebagai Kapolri. Presiden Jokowi kembali mengatakan, “Sabar dan tunggu.”

Sebelumnya Presiden Jokowi menyatakan menghormati KPK serta menghargai DPR dan menunggu hasil sidang paripurna DPR untuk memutuskan langkah berikutnya terkait Kapolri.

Sidang paripurna DPR-RI pada Kamis (15/1) telah memutuskan menyetujui usulan Presiden Jokowi untuk mengangkat Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri, dan memberhentikan Jendral Sutarman dari jabatan Kapolri. Kecuali legislator dari Partai Demokrat, sebagian besar anggota Dewan sepakat Komjen Budi Gunawan diangkat sebagai Kapolri.

Surat persetujuan DPR-RI itu telah diantar langsung oleh Ketua DPR-RI Setya Novanto ke Istana, Kamis (15/1) sore. Namun Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, meskipun Sidang Paripurna DPR-RI telah menyetujui usulan penunjukan Komjen (Pol) Budi Gunawan sebagai Kapolri menggantikan Jendral Sutarman  hingga  saat ini Presiden Jokowi belum menentukan jadwal pelantikannya.

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla mengemukakan, Presiden Jokowi akan mempelajari terlebih dahulu surat dari DPR mengenai keputusan Sidang Paripurna itu.  “Ya kita akan mempelajari dulu keputusan DPR itu macam mana,” kata Wapres di kantornya, Jakarta, Kamis (15/1) sore.

Pada Jumat  pagi (16/1) Presiden Jokowi melakukan pertemuan tertutup dengan Kapolri Jendral Sutarman, Komjen (Pol) Budi Gunawan, dan Wakil Kapolri Komjen (Pol) Badrodin Haiti.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page