Terapkan Konsep Hybrid, UKJ di Lampung Diikuti 19 Anggota AJI

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG – Sebanyak 19 anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mengikuti Uji Kompetensi Jurnalis (UKJ) di Hotel Aston, Bandar Lampung, Rabu, 8/6/2022. Berlangsung sampai besok, uji kompetensi tersebut menerapkan konsep hybrid, di mana proses uji berbasis digital.

Belasan jurnalis yang menjalani UKJ itu terbagi dalam tiga jenjang. Perinciannya, empat anggota AJI mengikuti UKJ untuk jenjang utama, dua jurnalis jenjang madya, dan 13 jurnalis jenjang muda. Selain Lampung, peserta UKJ berasal dari Palembang dan Bengkulu.

UKJ di Bandar Lampung dibuka langsung oleh Asmono Wikan, Ketua Komisi Pemberdayaan Organisasi Dewan Pers. Dalam sambutannya, Asmono mengatakan bahwa Dewan Pers banyak menerima pengaduan terkait persoalan pers. Rerata kasus seputar pelanggaran hukum dan etik jurnalistik.

“Maka dari itu, pelaksanaan uji kompetensi menjadi penting untuk meminimalkan pelanggaran-pelanggaran tersebut,” kata Asmono saat menyampaikan sambutan secara virtual.

Hal lainnya, penting bagi jurnalis mengedepankan akurasi dalam menghasilkan produk jurnalistik. Dengan demikian, berita yang menjadi konsumsi publik bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, Asmono mengingatkan perusahaan pers agar tak hanya memikirkan bisnis. Menurutnya, penting bagi perusahaan menjalankan fungsi pers sebagai wahana informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial.

“Sehingga, ada keseimbangan, tetap menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas sekaligus bisnis yang baik,” ujar Asmono.