Beranda News Internasional Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan di Riyadh

Terduga Pembunuh Jamal Khashoggi Tewas dalam Kecelakaan di Riyadh

168
BERBAGI
Jamal Khashoggi dan Hatice Cengiz. [habersev.com]

TERASLAMPUNG.COM — Seorang yang diduga terlibat membunuh jurnalis Jamal Khashoggi tewas dalam kecelakaan mobil yang ganjil di Riyadh, Arab Saudi.

Mashal Saad al-Bostani tewas dalam kecelakaan mobil beberapa hari setelah kembali dari Turki. Menurut surat kabar Turki, Yeni Safak, al-Bostani merupakan anggota pasukan angkatan udara Kerajaan Arab Saudi berpangkat letnan. Al-Bostani tewas saat berusia masih muda, 31 tahun.

Tidak ada penjelasan rinci tentang kecelakaan lalu lintas yang menewaskan al-Bostani di Riyadh dan perannya dalam pembunuhan Jamal Khashoggi.

Beberapa saat setelah Kematian al-Bostani, kolumnis harian Turki, Hürriyet, Abdulkadir Selvi mengatakan, konsuler Arab Saudi di Istanbul Mohammad al-Otaibi bisa menjadi target berikutnya karena Putra Mahkota Mohammad bin Salman akan melakukan apapun untuk menyingkirkan bukti.

Suara Al-Otaibi ada dalam rekaman audio pembunuhan khashoggi yang dimiliki otoritas Turki.Al-Otaibi mengatakan kepada para interogator untuk membunuh Khashoggi di tempat lain di luar atau dirinya akan mendapat masalah. Al-Otaibi diberitahu untuk tutup mulut jika dirinya ingin tetap hidup ketika kembali ke Arab Saudi.

Al-Otaibi kembali ke Arab Saudi pada 16 Oktober atau sebelum rumahnya di Istanbul digeledah oleh polisi Turki selama lebih dari delapan jam pada 17-18 Oktober.

Menurut laporan, Maher Abdulaziz M. Mutreb, 47 tahun, seorang perwira intelijen yang sebelumnya bertugas di kedutaan Arab Saudi di London, mendarat di Istanbul pada 3:38 pagi pada 2 Oktober dan pergi ke konsulat negaranya di Istanbul pada jam 9:55 pagi.

Beberapa jam setelah kedatangan dan hilangnya Khashoggi, Mutreb meninggalkan konsulat dan mengunjungi kediaman konsul pada jam 16:53, meninggalkan hotelnya pada jam 17:15 dan tiba di Bandara Atatürk untuk perjalanan kembali dengan jet pribadi pada jam 17:58.

The New York Times melaporkan Mutreb, terduga pembunuh Jamal Khashoggi, sering bepergian dengan putra mahkota Mohammed bin Salman. Ia diduga bertugas sebagai pengawal.

TEMPO | HURRIYET DAILY NEWS | SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Loading...