Beranda Hukum Kriminal Terekam CCTV, Kawanan Pencuri Gasak Sepeda Motor di Halaman Minimarket

Terekam CCTV, Kawanan Pencuri Gasak Sepeda Motor di Halaman Minimarket

139
BERBAGI
Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Harto Agung Cahyono
Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Harto Agung Cahyono

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Aksi kawanan pelaku pencurian sepeda motor (curanmor) yang terjadi di Kota Bandarlampung semakin nekat. Misalnya yang terjadi di sebuah minimarket di Jalan Pulau Sebesi, Kelurahan Sukarame Baru, Kecamatan Sukarame,  Rabu 17 Oktober 2018 sore kemarin sekitar pukul 16.30 WIB.

Kawanan pencuri sepeda motor yang berjumlah empat orang tersebut  saat beraksi terekam kamera CCTV (circuit closed television) di Minimarket tersebut. Para pelaku menggasak satu unit sepeda motor Honda Vario warna hitam merah BE 3329 KB yang diparkirkan di depan Minimarket. Saat melakukan aksinya, di Minimarket itu masih banyak orang yang lalu lalang dan kendaraan yang melintas.

Dalam rekaman kamera CCTV tersebut  terlihat satu pelaku sedang mengambil sepeda motor korban, ketika di samping sepeda motor itu sedang ada orang. Sedangkan tiga pelaku lainnya, sembari berjaga melihat keadaan situasi sekitar.

Sepeda motor yang digasak para pelaku tersebut adalah milik seorang mahasiswi Universitas Islam Negeri (UIN) Radin Inten Bandalampung bernama Iin Rahma (20), warga Jalan Soekarno Hatta Perumahan Putra Kedaton, Kelurahan Labuhan Dalam, Kecamatan Labuhan Ratu, Bandarlampung.

Korban Iin Rahma saat ditemui menceritakan, saat kejadian pencurian itu, awalnya dirinya pulang dari kuliah lalu ia mampir ke Minimarket tersebut untuk berbelanja membeli keperluan pribadinya.

“Saya mampir sebentar di Minimarket ini, karena ada yang mau saya beli untuk keperluan pribadi sebelum pulang ke rumah,”ucap mahasiswi semester lima Bimbingan Konseling di UIN Radin Inten ini, Kamis 18 oktober 2018.

Setelah selesai belanja, kata Iin, saat ia keluar dari dalam Minimarket tersebut, ternyata dilihatnya sepeda motor Honda Vario miliknya yang diparkirkan di depan Minimarket sudah hilang. Saat itu, ia berusaha untuk mencarinya dan mencoba bertanya dengan orang-orang yang ada disekitar tapi tidak ada yang mengetahuinya.

“Padahal saya itu belanja cuma sebentar, mungkin sekitar lima menit ada di dalam Minimarket itu. Begitu saya keluar, kok sepeda motor saya sudah gak ada entah kemana. Saya sudah laporkan kejadian pencurian ini ke polisi, mudah-mudahan saja para pelakunya cepat tertangkap dan motor saya bisa kembali lagi,”pungkasnya.

Kasat Reskrim Polresta Bandarlampung, Kompol Harto Agung Cahyono, saat ditemui dan menanggapi aksi pencurian tersebut menuturkan, bahwa pihaknya sudah memonitor mengenai kejadian pencurian sepeda motor tersebut.

“Rekaman CCTV-nya sudah kami lihat, dalam rekaman itu pelakunya ada empat orang dan saat ini kami masih mengidentifikasi para pelaku curanmor tersebut,”ungkapnya.

Harto juga mengimbau, bagi para pemilik usaha yang ada di Kota Bandarlampung ini, tidak bosan-bosan untuk meningkatkan penjagaan di sekitar lingkungan tempat usahanya. Tidak hanya itu saja, pihaknya juga meminta agar di jam-jam tersebut, untuk selalu melakukan pengecekan.

“Ya jadi tidak hanya memasang CCTV saja, tapi harus ikut mengawasi di jam-jam rawan kejahatan. Seperti saat jam makan siang, sore hingga menjelang ashar dan saat malam selepas isya’,”jelasnya.

Menurutnya, para pelaku kejahatan ini, sebelum beraksi mereka (pelaku) keliling terlebih dulu lalu berputar-putar untuk mencari kesempatan target sasarannya. Begitu ada kesempatan, saat itu juga dengan cepat pelaku langsung beraksi.

“Yang jelas, untuk para pelaku kejahatan C3 kami akan terus kejar. Jika melawan, kami akan lakukan tindakan tegas dan terukur,”pungkasnya.

Loading...