Terindikasi Rugikan Negara, Inspektorat Lampung Utara Segera Limpahkan Kasus Pembangunan Lapangan Sepak Bola Desa Sekipi

Pelaksana Tugas Inspektur Kabupaten Lampung Utara, Ilham Akbar
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Inspektorat Lampung Utara berencana melimpahkan kasus dugaan penyimpangan Dana Desa atau DD tahun 2018 di Desa Sekipi, Abung Tinggi. Langkah ini diambil dikarenakan terdapat indikasi kerugian negara dalam penggunaan DD di sana.

“Indikasi kerugian negaranya sudah ditemukan,” kata Pelaksana Tugas Inspektur Kabupaten Lampung Utara, Ilham Akbar, Rabu (19/6/2024).

Indikasi itu didapat setelah mereka melakukan pemeriksaan secara maraton terhadap salah satu program yang bersumber dari Dana Desa tahun 2018 di Desa Sekipi. Pemeriksaan itu dilakukan untuk menindaklanjuti laporan masyarakat yang masuk pada mereka.

“Proses pemeriksaan berjalan dari Maret hingga April 2024,” terangnya.

Adapun program yang diduga menyebabkan kerugian negara itu adalah pekerjaan pembangunan lapangan sepakbola di Desa Sekipi. Secara keseluruhan, total anggaran untuk program berikut sarana infrastruktur pendukungnya kala itu mencapai Rp837-an juta. Untuk pembangunan lapangan sepakbola, total anggarannya mencapai Rp570-an juta.

“Sarana infrastruktur pendukung itu di antaranya saluran drainase,” kata dia.

Lantaran indikasi kerugian negaranya telah mereka temukan, dan ditambah lagi oknum yang diduga bertanggung jawab tak mampu mengembalikan indikasi kerugian tersebut, pihaknya tak memiliki pilihan lain selain melimpahkannya pada aparat penegak hukum.

“Sampai batas waktu habis, yang bersangkutan tidak memulangkan dana itu,” jelasnya.

Sebelum pelimpahan tersebut, pihaknya akan melengkapi seluruh berkas yang diperlukan. Mulai dari petunjuk pelaksanaan, petunjuk teknis, maupun aturan yang diperlukan. Setelah semuanya rampung, baru mereka akan limpahkan persoalan ini ke aparat penegak hukum.

“Secepatnya akan dilakukan karena fokus kami tidak hanya pada Desa Sekipi saja,” kata dia.