Beranda News Nasional Teringat Soekarno, Raja Salman Cari Puan Maharani

Teringat Soekarno, Raja Salman Cari Puan Maharani

594
BERBAGI
Raja Salman menceritakan memori pertemuannya dengan Soekarno kepada Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

TERASLAMPUNG.COM — Meskipun sudah berusia 81 tahun, dalam acara agak santai Raja Salman bin Abdul Aziz  A;-Saud  terlihat masih sangat sehat dan lebih muda dibanding usianya. Hal itu tampak nyata dalam foto perbincangan antara Raja Salman dengan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, usai penyambutan tamu negara di Istana Bogor, Rabu siang (1/3/2017).

Foto yang kemudian tersebar ke dunia maya itu banyak membuat netizen bertanya-tanya. Apakah gerangan yang diucapkan Raja Salman kepada Puan?

Ternyata dalam foto itu Raja Salman mengatakan bahwa dirinya baru saja mencari cucunya Presiden RI pertama, Soekarno. Soal cucunya Soekarno dikatakan langsung Raja Salman kepada Presiden Jokowi usai acara penyambutan.

“Mana cucu Sukarno?” tanya Raja Salman kepada Presiden di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/3/2017).

Presiden Jokowi pun langsung memanggil Puan Maharani yang belum lama bersalaman dengan Raja Salman. Puan kemudian menghampiri Jokowi dan Raja Salman.

“Ini cucu Soekarno,” kata Jokowi.

Rupanya Raja Salman masih teringat saat dirinya mendampingi ayahandanya, Raja Saud bin Abdul Abdul Aziz bertemu Soekarno di Arab Saudi pada tahun 1955 atau saat Salman berusia 20 tahun.

“Saya ingat sekali dengan Presiden Sokarno, selalu mengatakan, ‘Saudara-saudara’. Ini yang saya ingat di sini,” kata Raja Salman.

Nasib Raja Saud juga mirip dengan Presiden Soekarno, Raja kedua Kerajaan Arab Saudi yang naik tahta pada 9 November 1953 itu terpaksa harus turun tahta pada 2 November 1964. Raja Saud wafat pada 23 Februari 1969 dalam usia 67 tahun.

TL/B. Satriaji

Loading...