Beranda Hukum Terkait Gafatar, Polda Imbau Warga Lapor Polisi Jika Ada Anggota Keluarganya yang...

Terkait Gafatar, Polda Imbau Warga Lapor Polisi Jika Ada Anggota Keluarganya yang Hilang

108
BERBAGI
Lambang Gafatar (ilustrasi/dok)

Zainal Asikin/Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG–Kepala Bidang Humas Polda Lampung, AKBP Sulistyaningsih mengimbau masyarakat Lampung segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada salah satu anggota keluarganya yang pergi meninggalkan rumah tanpa ada satu kejelasan atau hilang.

Imbauan itu disampaikan Sulistyaningsih terkait dengan maraknya laporan orang hilang di sejumlah daerah di Indonesia karena diduga terkait dengan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar).

“Polda Lampung  menghimbau kepada seluruh masyarakat, segera melaporkan kepada pihak kepolisian jika ada salah satu anggota keluarganya pergi meninggalkan rumah tanpa ada kejelasan. Kita harus bekerja sama untuk mengantisipasi organisasi yang ilegal dan merugikan masyarakat makin berkembang,” kata Sulistyaningsih, Rabu (13/1/2016).

Sulistyaningsih menegaskan  organisasi masyarakat Gafatar merupakan sebuah ormas yang tidak terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Ormas tersebut, merupakan organisasi yang dilarang atau gerakan radikal,” kata dia.

Dikatakannya, saat ini Pemerintah masih terus mendalami adanya ormas Gafatar tersebut. Menurut Sulis, Polda Lampung dan jajaran Polres/Polresta bekerjasama dengan TNI dan instansi terkait lainnya mencari tahu tentang adanya ormas Gafatar.

Sebelumnya, ramai diberitakan seorang dokter muda asal Metro bernama Rica Tri Handayani menghilang dari kediaman suaminya di Yogyakarta karena diduga kuat bergabung dengan Gafatar. Rica dan anaknya yang masih balita kemudian ditemukan tim polisi dari Polda DIY di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Lampung disinyalir menjadi salah satu daerah yang menjadi sasaran propaganda Gafatar untuk menambah jumlah anggota dan simpatisan.

Loading...