Beranda Teras Berita Terkait ISIS, AS Rencanakan Serangan ke Irak

Terkait ISIS, AS Rencanakan Serangan ke Irak

157
BERBAGI
Warga Kristen di Irak terpaksa mengungsi untuk menghindari aksi kelompok ISIS. (dok AFP)

NEW YORK, Teraslampung.com – Pemerintahan Amerika Serikat (AS) berencana meluncurkan serangan udara terhadap para milisi Islam di Irak bagian utara. Setelah itu, mereka akan menjatuhkan paket bantuan air bersih dan makanan bagi kaum minoritas agama yang terjebak di pegunungan. Rencana tersebut telah mendapat restu Presiden AS Barack Obama.

Percepatan mendadak aktivitas militer Amerika Serikat mencerminkan keprihatinan Gedung Putih atas krisis yang cepat berkembang di kawasan semiotonom Kurdi menyusul pengepungan dan serangan pasukan ISIS (Daulah Islamiyah Irak dan Syam). Para milisi pada Kamis menguasai wilayah penampung air terbesar di negara tersebut, Bendungan Mosul.

Pemerintah AS menganggap serangan udara tersebut sebagai upaya melindungi personel militer dan diplomatik yang bekerja di Erbil, kota sebelah utara Irak.

Meski demikian, Obama berusaha meredam kekhawatiran warganya mengenai keterlibatan militer AS di Irak.

“Pasukan tempur Amerika tidak akan kembali untuk berperang di Irak, karena tidak ada solusi dari militer Amerika untuk krisis Irak. Satu-satunya solusi yang akan bertahan adalah rekonsiliasi antara komunitas di Irak, dibarengi pasukan keamanan Irak yang lebih kuat.” kata Obama, Kamis (8/8).

Para pejabat Pentagon mengatakan tak ada serangan AS yang dimulai pada Kamis malam. Petinggi militer Irak mengatakan pasukan udara Irak melancarkan serangan pada Kamis.

Sumber: The Wall Street Journal

Loading...