Beranda Hukum Korupsi Terkait OTT, KPK Tangkap Bupati Lampung Tengah

Terkait OTT, KPK Tangkap Bupati Lampung Tengah

427
BERBAGI
Uang suap yang diamankan dari OTT di Lampung Tengah. (Nur Indah/detikcom)

TERASLAMPUNG.COM — Komisi Pemberantasan Korupsi membawa Bupati Lampung Tengah,Mustafa ke Jakarta untuk diperiksa terkait operasi tangkap tangan (OTT), Kamis (15/2/2018).

“Sekitar pukul 18.20 WIB Bupati Lampung Tengah sudah bersama tim dan dilakukan pemeriksaan awal. Malam ini akan dibawa ke kantor KPK,” kata Ketua KPK Laode Syarif dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Kamis malam, seperti dilansir kompas.com dan sejumlah media nasional.

Penangkapan Mustafa ini menyusul operasi tangkap tangan yang sebelumnya sudah dilakukan KPK pada Rabu (15/2/2018) malam. Kamis paginya, KPK langsung menyegel kantor Bupati, Kantor Sekda Lampung Tengah, dan ruangan kerja para anggota DPRD Lampung Tengah yang terkena OTT.

Dari 19 orang yang ditangkao itu terdiri atas pejabat Pemda, anggota Dewan Lampung Tengah, dan pihak swasta.

OTT KPK  diduga berkaitan dengan suap  oleh pejabat Pemkab Lampung Tengah kepada legislatif. Suap diduga agar DPRD Pemkab Lampung Tengah mau menyetujui usulan pinjaman.

Pemerintah Lampung Tengah mengajukan usulan pinjaman pembangunan kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) senilai Rp 300 miliar. Namun, usulan tersebut tidak mendapat persetujuan dari sejumlah anggota DPRD Lampung Tengah karena dianggap tidak menerapkan asas keadilan.

BACA: Ini Klarifikasi Lengkap Mustafa Terkait Rumor Terkena OTT KPK

Menurut La Ode, dalam OTT ini, KPK menyita uang sekitar Rp 1 miliar dalam bentuk pecahan Rp 50.000 dan Rp 100.000 di dalam kardus.

Sebelumnya, dalam konferensi pers yang digelar Mustafa di Rumag Pemenangan Mustafa Aja, Mustafa membantah dirinya terkena OTT KPK bersama belasan orang lainnya.

Bantahan Mustafa tersebut terkait dengan kabar yang santer beredar sejak Rabu malam (14/2/2018). Namun, kepada Teraslampung.com, salah satu orang dekat Mustafa yang juga anggota Tim Pemenangan Mustafa Aja langsung membantah kabar itu. (Baca:

“Berita bahwa saya terkena OTT KPK, itu tidaklah benar. Jadi sekali lagi saya nyatakan dan tegaskan, bahwa kabar berita itu tidak benar,”ujar Mustafa didampingi tim kuasa hukumnya, Wahrul Fauzi Silalahi saat menggelar konferensi pers di Rumah Pemenangan Mustafa – Ahmad Jajuli (Mustafa Aja),di Bandarlampung, Kamis (15/2/2018).

Baca: Tim Pemenangan Mustafa Aja: Kabar Mustafa Kena OTT KPK Adalah Hoax

TL/detik.com/kompas.com

Loading...