Terkait Perobohan Papan Bunga di Polres Lampung Timur, Ketua Umun PPWI Wilson Lalengke Ditangkap Polda Lampung

Lalengke Dituduh Buat Keonaran dan Lecehkan Masyarakat Adat Lampung Timur

Wilson Lalengke ditangkap Polda Lampung dan Polres Lampung Timur, Sabtu (12/3/2022). Foto: Tangkapan layar video Polres Lamtim
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Tim Gabungan Resmob dan Polres Lampung Timur menangkap Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Wilson Lalengke, Sabtu siang (12/3/2022). Penangkapan Lalengke terkait dengan perobohan papan bunga ucapan selamat dari masyarakat kepada Polres Lampung Timur sehari sebelumnya (11/3/2022).

Pada Jumat (11/3/2022) Wilson Lalengke mendatangi Kantor Polres Lampung Timur untuk memprotes penangkapan terhadap salah seorang anggota PPWI. Ia marah karena di halaman kantor Polres Lampung Timur justru terpasang papan bunga berisi ucapan selamat kepada Polres Lampung Timur yang menangkap oknum wartawan.

Selain merobohkan papan bunga, Lalengke juga memarahi beberapa orang yang sedang memasang bunga yang juga berisi ucapan selamat kepada Polres Lampung Timur karena berhasil menangkap oknum wartawan.

Papan bunga tersebut bertuliskan “Selamat dan Sukses, Terimaksih atas kerja Keras Tekab 308 Polres Lampung Timur atas penangkapan oknum wartawan”. Pengirimnya adalah para tokoh adat Buai Beliuk Negeri Tua, Lampung Timur.

Sejumlah tokoh adat Lampung Timur yang mengirim bunga papan itu tidak terima dengan tindakan Lalengke. Mereka kemudian melaporkan ke Polda Lampung.

Selain merusak papan bunga, ketika menyambangi Polres Lampung Timur kemarin Lalengke juga berteriak-teriak mencari Kapolres Lampung Timur. Ia sempat berdebat keras dengan petugas kepolisian Polres Lampung Timur dan melarang orang memasang papan bunga ucapan selamat penangkapan wartawan.

“(Bunga papan) Ini sudah kita (saya) tumbangkan. Janganlah polisi itu menganggap bahwa kami (wartawan) itu dianggap masyarakat tidak benar. Masyarakat yang mana, masyarakat Lampung Timur yang mana menyatakan selamat?” kata Wilson Lalengke.

Setelah ditangkap di depan gerbang Polda Lampung, kemudian dibawa ke Polres Lampung Timur, untuk diproses lebih lanjut.

Tiba di Polres Lampung Timur, Wilson Lalengke dijaga sejumlah polisi. Beberapa warga mengikuti langkah Lalengke menuju sebuah ruang di Polres Lampung Timur. Beberapa warga Lampung Timur terlihat marah dan berteriak,”Seberapa hebat kamu ya?!”

Ada juga yang berteriak “Woi… woi… Ini… ini bapaknya… ini orangnya!”

Setelah masuk di Kantor Polres Lampung Timur, Lalengke duduk di kursi panjang didampingi seorang petugas. Ia mengaku salah dan meminta maaf kepada para tokoh adat Lampung Timur.

“Saya mohon maaf,memang saya salah,” kata Lalengke, dalam kondisi kedua tangan di belakang (diborgol).

Sebelumnya, beberapa saat setelah Lalengke mengamuk di Polres Lampung Timur, video aksi Lalengke tersebut tersebar luas di media sosial dan grup-grup WhatsApp wartawan di Lampung.

Dalam video tersebut tampak Wilson Lalengke marah sambil berteriak-teriak,“Mana Kapolres? Mana Kapolres? Keluar Kapolres!”

Tidak lama berselang, petugas kepolisian menyapa Lalengke menanyakan maksud dan tujuan Lalengke ke Polres Lampung Timur.

“Sabar pak ini kantor,” kata petugas polisi.

“Ini kantor dibangun dari uang rakyat!” balas Lalengke.

Kemarahan Lalengke dipicu penangkapan terhadap oknum wartawan media online Revolusitv.com yang juga anggota PPWI oleh Polres Lampung Timur. Bersama sejumlah anggota PPWI, pada Jumat (11/3/2022) Wilson Lalengke ingin menengok ID, oknum wartawan yang ditahan di Polres Lampung Timur karena diduga melakukan pemerasan.

ID (37), wartawan media online dan anggota PPWI Lampung, ditangkap j Satreskrim Polres Lampung Timur, Selasa (8/3/2022), karena diduga memeras warga Margatiga, Lampung Timur.

ID sendiri merupakan warga Sekampung, Lampung Timur.