Terkait Pilkada, Anggota PWI Diimbau Netral dan Berimbang

Bagikan/Suka/Tweet:

Iwan J Sastra/Teraslampung.com

Supriyadi Alfian

LAMPUNG SELATAN – Ketua PWI Cabang Lampung Supriyadi Alfian, mengimbau anggota PWI untuk netral dan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Serentak 2015.

Hal itu disampaikan Supriyadi saat menghadiri acara syukuran atas selesainya renovasi Kantor PWI Perwakilan Lampung Selatan, Senin (19/20).

Menurutnya, sebagai wartawan khususnya anggota PWI wajib untuk menulis berita yang berimbang terkait dengan kegiatan pasangan calon bupati dan wakil bupati dimasa pilkada sekarang ini.

“Intinya jangan ada keberpihakan kepada salah satu pasangan calon saja, tetapi buatlah pemberitaan yang berimbang untuk semua pasangan calon bupati dan wakil bupati,” ujarnya.

“Memang sih tidak ada sanksinya jika wartawan tidak netral, hanya sanksi moral saja,” tambahnya.

Diungkapkannya, jika ada anggota PWI yang masuk ke tim pemenangan salah satu calon, maka yang bersangkutan wajib untuk non-aktif terlebih dahulu dari media tempatnya bekerja.

“Harus nonaktif dulu, sampai semua proses pilkada selesai. Setelah itu, silakan yang bersangkutan kembali lagi untuk melanjutkan pekerjaanya sebagai wartawan,” ungkapnya.

Dikatakannya, PWI tentunya tidak akan terjun atau terlibat di dalam politik praktis, sebab PWI merupakan organisasi profesi yang jauh dari kepentingan politik.

“Tidak boleh PWI ikut-ikutan dalam berpolitik, tapi kalau pribadi itu hak masing-masing individunya. PWI itu harus tetap netral dan profesional,” katanya.