Beranda News Kabar Desa Terkait SDGs Desa, Ini Cara Mendes PDTT Wujudkan Visi Misi Jokowi

Terkait SDGs Desa, Ini Cara Mendes PDTT Wujudkan Visi Misi Jokowi

84
BERBAGI
Menteri Desa PDTT, Abdul Halim Iskandar

TERASLAMPUNG.COM, Jakarta–Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, terus berupaya untuk mewujudkan visi-misi dan arahan Presiden Joko Widodo.

Menurutrnya ada dua hal yang menjadi pesan Presiden Joko Widodo saat ia dilantik sebagai Mendes PDTT. Pertama, agar dana desa bisa dirasakan semua warga desa, terutama lapisan terbawah. Kedua, agar dana desa berdampak pada peningkatan ekonomi dan pengembangan SDM.

“Nah, dari dua hal inilah kemudian kita menemukan satu rumusan yang disebut No One Left Behind. No One Left Behind adalah satu konsep dalam pembangunan tidak boleh ada yang terlewatkan, semuanya harus tertangani dan tercover dengan kebijakan pembangunan yang dibangun,” jelasnya.

Oleh karena itu, kata Abdul Halim, Kemendes PDTT dalam menentukan kebijakan dan arah pembangunan desa merujuk pada konsep pembangunan yang dikembangkan oleh Persatuan Bangsa-Bangsa yang disebut Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs Global kemudian diturunkan menjadi SDGs Nasional seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan.

Agar bisa menindaklanjuti arahan dan visi-misi Presiden, ia kemudian menurunkan SDGs ke level terbawah, yaitu SDGs Desa.

“Maka saya coba untuk membumikan apa yang tertuang dalam Perpres No.59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan yang kemudian disebut SDGs Desa,” ujarnya.

Untuk diketahui, SDGs merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, untuk mengentaskan kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan.

Adapun SDGs Desa yang dimaksud di atas terdapat 18 tujuan pembangunan berkelanjutan, antara lain:  1. Desa Tanpa kemiskinan, 2. Desa Tanpa Kelaparan
3. Desa Sehat dan Sejahtera, 4. Pendidikan Desa Berkualitas, 5. Desa Berkesetaraan gender, 6. Desa Layak Air bersih dan Sanitasi.

Kemudian 7. Desa yang Berenergi Bersih dan Terbarukan, 8. Pekerjaan dan Pertumbuhan Ekonomi Desa, 9. Inovasi dan Infrastruktur Desa 10. Desa Tanpa Kesenjangan, 11. Kawasan Pemukiman Desa Berkelanjutan, 12. Konsumsi dan Produksi Desa yang Sadar Lingkungan, 13. Pengendalian dan Perubahan Iklim oleh Desa 14. Ekosistem Laut Desa, 15. Ekosistem Daratan Desa, 16. Desa Damai dan Berkeadilan 17. Kemitraan untuk Pembangunan Desa dan 18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif