Terkait SGDs: Peringkat 14 di Indonesia, Unila Peringkat 601-800 Impact Rankings 2021 Dunia

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Salah satu lembaga pemeringkat kampus di seluruh dunia, Times Higher Education (THE), baru-baru ini merilis daftar kampus terbaik di dunia, termasuk kampus terbaik di Indonesia. Ada 9 perguruan tinggi yang 9 terbaik di Indonesia versi THE pada 2021. Peringkat 1 – 9 adalah Universitas Indonesia, ITB, Unibraw, Undip, UGM, IPB, Unpad, ITS, dan Universitas Telkom.

Dalam laman THE disebutkan pemeringkatan didasarkan pada 13 indikator kinerja. Tiap indikator dibagi  menjadi lima kelompok, yaitu: Teaching (pengajaran): lingkungan belajar mahasiswa; Research (penelitian): reputasi, pendapatan, dan volume penelitian; Citations (kutipan): pengaruh penelitian; International outlook (pandangan internasional): pegawai, mahasiswa, dan penelitian; Industry income (pendapatan industri): transfer pengetahuan.

The World University Rangkings mencakup lebih dari 1.500 universitas di 93 negara dan wilayah, menjadikannya peringkat universitas terbesar dan paling beragam.

Selain perguruan tinggi dengan peringkat terbaik, Times Higher Education juga merilis Impact Rankings 2021 perguruan tinggi di dunia dengan cakupan 1.115 universitas dari 94 negara. Yang dinilai adalah dampak perguruan tinggi bagi pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

Dalam Impact Ranking versi THE tahun 2021, untuk pertama kalinya Universitas Lampung (Unila) menjadi salah satu kampus di Indonesia masuk dalam pemeringkatan dunia. Unila berada pada peringkat 14 perguruan tinggi di Indonesia dan peringkat 601-800 dari 1.115 perguruan tinggi di dunia.

Aspek yang dinilai berbeda dengan pemeringkatan perguruan tinggi terbaik.

Menurut Kepala SDGs Centre Unila, Dr. Unang Mulkhan, ada  ada empat aspek yang dinilai THE Impact Rangkings yaitu research (penelitian), teaching (pengajaran), stewardship (pengelolaan), dan outreach (pengabdian).

“Tm kami mengirimkan data SDGs ke sistem THE secara online. Setiap SDGs memiliki rangkaian metrik yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja universitas pada SDGs tersebut,” kata  Unang Mulkan, Kamis (22/4/2021).

Rektor Unila Prof. Dr. Karomani mengaku bangga dengan prestasi yang diraih Unila “Di Indonesia, Unila berada di peringkat 14 dengan skor yang diraih 47.6-56.6,” kata dia.

 

  • Bagikan