Beranda News Nasional Terkait Sindiran kepada Media, Anggota Dewan Pers Apresiasi Jokowi

Terkait Sindiran kepada Media, Anggota Dewan Pers Apresiasi Jokowi

602
BERBAGI
Anggota Dewan Pers Ninok Leksono (Foto:teraslampung.com/Mas Alina Arifin)

JAKARTA, Teraslampung.com — Mendapatkan kritikan Aliansi Jurnalis Independen(AJI), masih banyak ruang bagi Presiden Joko Widodo menuai simpati dan apresiasi terkait sindirannya terhadap pers pada pidato sidang tahunan MPR, Jumat (15/8/2015). Anggota Dewan Pers, Ninok Leksono, misalnya,  mengapresiasi sindiran Presiden Joko Widodo terhadap insan pers. Menutu Ninok, fungsi dasar pers adalah melayani publik bukan mengejar rating.

“Secara ekonomi dan bisnis memang benar itu menaikkan rating, tapi dia tidak boleh melupakan fungsi lainnya untuk melayani publik, untuk memajukan kehidupan berbangsa,”  kata wartawan senior harian Kompas itu, usai diskusi di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (15/8/2015), seperti diberitkan metrotvnews.com,

Ninok mengatakan,  sindirian Presiden tersebut menjadi pengingat. Sebab, persaingan antar media saat ini sangat sengit. Lantaran media bertarung untuk mendapatkan rating baik dari sisi ekonomi.

“Ini menjadi perhatian atas keprihatinan tertentu karena disampaikan langsung oleh presiden,” katanya.

Pada Jumat (14/8/2015), Presiden Joko Widodo dalam pidato kenegaraan di depan Sidang Tahunan MPR-DPR-DPD RI, di Senayan, Jakarta, menyelipkan sindirian kepada media nasional. Jokowi menyebut media saat ini hanya mengejar rating, tanpa memberikan pembelajaran untuk masyarakat terutama dalam menilai hasil pembangunan.

Menurut Ninok, sindirian itu harus jadi bahan media untuk berinstrospeksi. “Media baik juga untuk berintrospeksi,” tegasnya.

Berita Terkait:  AJI: Ada Tiga Sinyal Jokowi Ingin Belenggu Kebebasan Berpendapat dan Kebebasan Pers