Terkait Tudingan Beli Jabatan, Pejabat Pemkab Lampura Dicopot dari Jabatannya

  • Bagikan
Efrizal Arsyad
Efrizal Arsyad

Feaby|Teraslampung.com

Kota‎bumi–Sudah Jatuh, tertimpa tangga. Itulah yang kini dialami oleh Asisten Administrasi Umum Pemkab Lampung Utara, Efrizal Arsyad. Akibat dari perkataannya yang mengundang kontroversi baru – baru ini, Efrizal Arsyad harus rela dicopot dari jabatannya.

BACA: Viral Video Pejabat Lampura Sebut Pemerintahan Bupati Budi Utomo sebagai yang Terburuk dalam 36 Tahun Terakhir

Tidak hanya itu. Jerat hukum akan menimpanya jika ia tidak segera melakukan penjelasan terkait pernyataannya tersebut.

“Beliau terindikasi melanggar sejumlah pasal dalam dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Mulai besok, sebelum pensiun‎ belum ditugaskan sebagai pelaksana pada Dinas Perpustakaan dan Arsip,” papar Kepala Bagian Hukum‎ Sekretariat Kabupaten Lampung Utara, Iwan Kurniawan, Kamis malam (29/4/2021).

Di samping itu, pihaknya juga melayangkan somasi pada yang bersangkutan. Isinya agar Efrizal Arsyad menjelaskan ke publik bahwa apa yang disampaikannya itu bukanlah sebuah fakta kebenaran. Efrizal Arsyad diberikan wak‎tu 2×24 jam untuk melakukan itu. Akan ada konsekuensi hukum jika somasi itu tidak ditanggapi oleh Efrizal.

“Pejabat – pejabat yang dilantik akan melaporkannya ke pihak penegak hukum karena mereka tidak pernah merasa memberi apa pun terkait jabatan ‎mereka selama ini,” tegas dia.

‎Di sisi lain, Efrizal Arsyad ketika dihubungi Teraslampung.com dengan ksatria mengakui kesalahan yang dibuatnya. Ia juga meminta maaf kepada seluruh pihak baik masyarakat maupun rekan – rekan sejawat maupun atasannya atas kegaduhan yang ditimbulkan akibat perbuatannya.

‎”Sebagai manusia biasa yang tidak lepas dari khilaf, dari lubuk hati paling dalam, saya meminta maaf kepada semua pihak atas kekhilafan yang saya perbuat.

Pembebasatugasan Efrizal Arsyad dari jabatannya ini dituangkan dalam Keputusan Bupati Lampung Utara Nomor : 821.21/961/II/39-LU/2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan PNS dari dan dalam jabatan tinggi pratama (eselon II) di Pemkab Lampunf Utara‎. Keputusan itu ditandatangani oleh Bupati Budi Utomo pada 29 April 2021. Efrizal sendiri diketahui akan pensiun dalam dua hari ke depan, tepatnya terhitung sejak 1 Mei mendatang.

  • Bagikan