Terkendala Vaksin, Pelaksanaan Vaksinasi Pelajar Lampura tidak Jelas

  • Bagikan
Ilustrasi vaksin Covid-19. Foto: BBC

Feaby | Teraslampung.com

Kotabumi–Meskipun Pembelajaran Tatap Muka terbatas baru saja dimulai, namun Dinas Kesehatan Lampung Utara belum dapat‎ memastikan kapan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi para pelajar di daerahnya. Alasannya, vaksin untuk para pelajar masih belum mereka tersedia.

“Vaksinasi untuk para pelajar hingga kini belum dapat dipastikan kapan pelaksanaannya karena vaksinnya sendiri masih belum tersedia,” terang Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lampung Utara, Dian Mauli, Senin (30/8/2021).

Ia menuturkan, kepastian pelaksanaan vaksinasi untuk para pelajar ‎menunggu kiriman vaksin dari Pemerintah Provinsi Lampung. Jika vaksin itu telah diterima maka pihaknya akan segera melakukan vaksinasi.

Kendati belum ada kepastian kapan pasokan vaksin akan mereka terima, namun pihaknya telah melakukan sejumlah kebijakan untuk mendukung proses vaksinasi tersebut. Salah satu di antaranya adalah menyiapkan jumlah siswa yang akan menerima vaksin.

“Vaksinasi itu hanya ditujukan bagi para pelajar yang berusia antara 12 tahun hingga 17 tahun. Di bawah usia 12 tahun belum diperbolehkan,” kata dia.

Menurut Dian Mauli, total para pelajar yang akan menerima vaksin ‎berjumlah 67.081 orang. Dengan rincian, 34.406 pelajar laki – laki, dan 32.675 pelajar perempuan. Data mengenai jumlah pelajar itu merupakan data tahun 2020.

“Jadi, kebutuhan vaksin untuk para peajar memang cukup besar jika merujuk pada data tersebut,” terangnya.

‎Senin (30/8/2021), Pemkab Lampung Utara mulai melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka terbatas perdana. PTM terbatas ini sempat ditinjau oleh Bupati Budi Utomo.

  • Bagikan