Terlalu Padat, Vaksinasi Covid-19 yang Digelar Polda Lampung-Unila Dikritik

  • Bagikan
Tangkapan layar video amatir yang menggambarkan antrean padat pada kegiatan Vaksinasi Covid-19 di GSG Unila, Sabtu pagi.

TERASLAMPUNG.COM — Antuasisme masyarakat yang sangat tinggi membuat kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar Polda Lampung dan Universitas Lampung (Unila) di Gedung Serba Guna (GSG) Unila, Sabtu pagi (26/6/2021) dipenuhi pengunjung. Warga khususnya dari Bandarlampung berduyun-duyun ke lokasi untuk mendapatkan vaksinasi secara gratis.

Sayangnya, hal itu menyebabkan antrean pengunjung menjadi sangat rapat. Dari video yang beredar di media sosial, terlihat warga yang antre nyaris tanpa jarak.

“Agar tidak terjadi kerumunan dan berpotensi menyebabkan klaster baru, sebaiknya penyelenggara memperhitungkan dengan matang. Cari solusi terbaik agar semua aman,” tulis Ferdi Gunsan, warga Bandarlampung, dalam unggahan video di Facebook.

Dalam tayangan video amatir itu memang terlihat warga sangat antusias mengikuti vaksinasi. Selain antrean yang memanjang, sebagian orang tampak bergerombol di bawah pohon di kompleks GSG Unila.

Belum ada penjelasan dari Polda Lampung maupun Unila terkait hal ini. Namun, sebelumnya Polda Lampung maupun Unila pada berbagai kesempatan sudah sering mengingatkan warga agar tetap menaati prokes. Bahkan warga yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 pun diimbau untuk ketat menerapkan protokol kesehatan.

“Kami tetap mengimbau masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya diharapkan tercapai herd immunity di lingkungan masyarakat,” kata Kabid Humas Polda Lampung, Kombes  Zahwani Pandra Arsyad.

Menurut Pandra, vaksinasi Covid-19 yang digelar Polda Lampung hari ini dilakukan serentak di semua Polres/Polresta di Lampung dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-75. Panitia sudah menyiapkan 33.168 vaksin di 345 lokasi yang tersebar di Provinsi Lampung.

“Ribuan vaksin tersebut akan kita berikan kepada masyarakat Lampung sampai dengan 1 Juli dan hari ini secara simbolis di laksanakan di Gedung Serba Guna (GSG) Unila,” katanya.

  • Bagikan