Ternyata Saldo Rekening Anak Akidi Tio untuk Donasi Rp2 Triliun Tak Cukup

  • Bagikan
Keluarga Alm Akidi Tio menyerahkan bantuan penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 2 Triliun kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri, Senin, 26 Juli 2021. Instagram/@divisihumaspolri
Keluarga Alm Akidi Tio menyerahkan bantuan penanggulangan Covid-19 sebesar Rp 2 Triliun kepada Kapolda Sumsel Irjen Pol. Eko Indra Heri, Senin, 26 Juli 2021. Instagram/@divisihumaspolri

TERASLAMPUNG.COM — Hari ini (Selasa, 3 Agustus 2021)), Polda Sumatera Selatan melakukan koordinasi dengan Bank Mandiri untuk mengecek bilyet giro senilai Rp2 triliun yang diberikan oleh keluarga mendiang Akidi Tio pada pekan lalu. Hasilnya: saldo rekening bilyet giro yang diberikan putri bungsu Akidi Tio, Heryanty, ternyata tidak cukup.

“Hasil kordinasi dengan perbankan bisa dipastikan saldo di rekening bilyet giro yang diberikan oleh dari saudari Heryanty itu tidak cukup,” kata Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, di Mapolda Sumsel, Selasa (3/8/2021).

Selanjutnya, kata Supriyadi, penyidik Polda Sumsel akan mendalami ke tahap selanjutnya dengan mengumpulkan keterangan baik dari perbankan maupun pihak lain.

“Nanti keterangan yang diperoleh akan di kroscek dengan keterangan saudari Heryanty,” katanya.

Supriyadi mengaku, dalam mengumpulkan keterangan tetap ada batasan terkait informasi dari pihak perbankan yang dapat diserahkan kepada kepolisian karena berkaitan dengan UU Perbankan. Misalnya terkait nama pemilik rekening, data nasabah, jumlah saldo.

“Dari bank cuma menyampaikan saldo tidak cukup dari permintaan Rp 2 triliun,” katanya.

Supriyadi mengatakan, untuk penerima transfer senilai Rp2 triliun, Polda Sumsel membuka rekening Bank Mandiri atas nama Kabid Keungan Polda Sumsel, Heni Kresnowati. Hal itu sesuai dengan bilyet giro yang sudah beredar media sejak beberapa hari terakhir.

Sebelumnya Supriadi mengatakan belum bisa memastikan keberadaan dana yang dijanjikan itu. Dia menjelaskan, proses pencairan dana bantuan Rp 2 triliun itu menggunakan bilyet giro yang sejak sepekan lalu sudah dijanjikan oleh Heriyanti.

Namun, pada saat jatuh tempo, uang tersebut tidak kunjung cair. Bahkan, berdasarkan info yang dihimpun, sebelum dibawa ke Polda Sumsel, pihak kepolisian turut mendampingi Heriyanti dalam proses pencairan. Namun, ketika dikonfirmasi ke Bank Mandiri, dana itu tidak bisa dicairkan.

”Jika memang ada kendala, kami akan membantu mencairkan dananya. Sampai saat ini kami masih memeriksa di mana kendalanya,” kata Supriadi.

Sebelumnya, keluarga pengusaha asal Aceh, Akidi melalui dokter keluarganya, Hardi Darmawan, dikabarkan menyumbang uang tunai senilai Rp 2 triliun ke Polda Sumsel untuk membantu penanganan Covid-19 di Sumsel,  Senin (26/7/2021).

Penyerahan sumbangan Akidi Tio berlangsung di Gedung Promoter Polda Sumsel dan dihadiri Gubernur Sumsel Herman Deru, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri S, Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, hingga perwakilan seluruh pemuka agama.

Simbolisasi atas penyerahan itu terabadikan dalam foto penyerahan styrofoam bertuliskan “Sumbangan untuk Penanggulangan COVID-19 dan Kesehatan di Palembang-Sumsel. Dari Alm Bpk Akidi Tio dan Keluarga Besar Sebesar Rp 2 triliun”.

Beberapa hari lalu, saat berita kedermawanan keluarga almarhum Akidi Tio yang menyumbangkan uang senilai Rp2 triliun kepada Pemprov Sumatera Selatan untuk penanganan pandemi Covid-19 mendapatkan apresiasi banyak kalangan. Banyak pihak yang salut dengan sikap keluarga Akidi Tio yang sangat peduli terhadap sesama agar terbebas dari Covid-19.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru yang menghadiri penyerahan hibah pribadi dari keluarga Almarhum Akidi Tio Kepada Polda Sumsel yang diwakili Kapolda Irjen Eko Indra Heri S, di Ruang Rekonfu Polda Sumsel, Senin (26/7/2021), sangat berterima kasih kepada keluarga almarhum Akidi Tio.

Menurut Herman Deru, upaya yang dilakukan keluarga almarhum Akidi tersebut layak menjadi contoh bagi masyarakat Sumsel agar turut serta memberikan sumbangsih dalam penanganan Covid-19.

“Kita bangga keluarga almarhum Akidi Tio ini ikut serta memberikan kepedulian terhadap penanganan Covid-19 di Sumsel. Apa lagi jumlah dana yang diberikan sangat besar sekali, yakni Rp2 triliun. Ini angka yang tidak sedikit,” kata Deru, usai menyaksikan penyerahan sumbangan secara simbolis di Mapolda Sumsel.

Herman Deru menuturkan bantuan dari keluarga Akidi Tio akan disalurkan secara maksimal kepada semua masyarakat Sumsel yang terdampak Covid-19 dalam berbagai bentuk bantuan seperti logistik makanan, peralatan medis obat-obatan, ataupun sarana dan prasarana protokol kesehatan.

 

  • Bagikan