Beranda News Peristiwa Teror di Transmart Lampung, Inilah Isi Kotak yang Dicurigai sebagai Bom

Teror di Transmart Lampung, Inilah Isi Kotak yang Dicurigai sebagai Bom

936
BERBAGI
Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Murbani Budi Pitono saat memberikan keterangan terkait benda mencurigakan yang ditemukan di Mall Transmart Lampung
Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Murbani Budi Pitono saat memberikan keterangan terkait benda mencurigakan yang ditemukan di Mall Transmart Lampung

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDAR LAMPUNG — Teka-teki mengenai isi bungkusan berbentuk kotak dan dibalut dengan lakban berwarna coklat diduga bom, yang ditemukan di Mall Transmart Lampung di Jalan Sultan Agung Bandarlampung, Selasa siang 14 Mei 2018 akhirnya terungkap.

Kapolresta Bandarlampung, Kombes Pol Murbani Budi Pitono mengatakan, dari hasil pemeriksaan polisi, ternyata kotak misterius berwarna coklat yang ditemukan di Transmart Lampung Selasa siang tadi, bukanlah berisi bom, melainkan hanyalah bekas kaleng minuman ringan.

“Setelah dicek, isinya hanya bekas kaleng minuman yang dibungkus dengan kertas dan dibungkus lagi dengan lakban coklat. Didalamnya juga, tidak ada sumbu ataupun detonator hanya ada kabel saja. Jadi saya tegaskan, benda itu bukanlah bom dan itu kerjaaan orang iseng dan saat ini kami masih melakukan penyelidikan,”ungkapnya, Selasa 15 Mei 2018.

Kemudian untuk mengenai rekaman CCTV, kata Murbani, saat ini sedang dilakukan pengecekan dan analisa yang kaitannya dengan jalur-jalur mengarah terhadap benda itu ditemukan. Kemudian untuk orang yang menaruh benda itu, sedang dilakukan penyelidikan dan mudah-mudahan segera dapat diketahui.

“Untuk mengenai motifnya, sedang diselidiki apakah memang ada faktor kesengajaan atau tidak masih didalami kembali lagi,”ujarnya.

Terkait dengan hal itu, lanjut mantan Kapolres Banyumas ini, pihaknya meminta kepada masyarakat agar tetap tenang dan menjalankan aktivitas seperti biasa. Dia juga menghimbau, agar masyarakat waspada dan segera melaporkan segala sesuatu yang mencurigakan ataupun bisa membahayakan dan segera laporkan ke petugas setempat.

“Kita minta warga tetap tenang dan waspada, jika menemukan sesuatu atau hal yang mencurigakan silakan laporkan segera ke petugas,”ungkapnya.

Dikatakannya, benda mencurigakan tersebut, pertamakali ditemukan oleh karyawan Transmart di dalam Toilet, lalu benda itu dipindahkan ke bagian luar gedung Transmart. Selanjutnya karyawan tersebut, melaporkan temuan benda mencurigakan itu ke petugas Bhabinkamtibmas Polsekta Sukarame. Setelah itu, baru melaporkan penemuan benda mencurigakan itu ke Mapolresta Bandarlampung.

“Begitu dapat laporan tersebut, kami langsung mendatangi lokasi mengamankan TKP dari jangkauan masyarakat agar tidak terjadi sesuatu. Kemudian kami berkoordinasi dengan Satbrimob Polda lampung untuk penanganan sesuai dengan SOP. Alhamdulilah, tadi sudah diamankan dan tujuannya untuk memastikan benda itu berbahaya didekati masyarakat.”bebernya.

Kemudian mengenai bunyi ledakan tersebut, bukanlah keluar dari benda kotak mencurigakan yang ditemukan di Transmart. Suara ledakan itu, berasal dari mekanisme dari Satuan Brimobda Lampung untuk mengurai atau menjinakkan benda mencurigakan tersebut.

“Jadi suara ledakan itu bukanlah dari barang mencurigakan yang ditemukan, tapi berasal dari mekanisme evakuasi dari Satbrimobda Lampung. Sementara untuk mengenai keamanan, kami akan menguatkan penjagaan lagi di tempat-tempat pusat perbelanjaan dan lainnya,”terangnya.

Setelah melakukan evakuasi terhadap benda mencurigakan tersebut, Tim Inafis Polda Lampung dan langsung melakukan olah TKP. Selanjutnya di lokasi tempat ditemukannya benda mencurigakan yang ditemukan di Mall Transmart, langsung dipasangi garis polisi.