Beranda Hukum Kriminal Tersangka Begal Asal Lampung Timur Tewas Ditembak 

Tersangka Begal Asal Lampung Timur Tewas Ditembak 

395
BERBAGI
Wakil Direktur Reserse kriminal Umum Polda lampung, AKBP Adrian Indra Nurinta didampingi Kasubdit III Jatanras, AKBP Ruli Andi Yunianto (kaos hitam) saat menunjukkan barang bukti senpi dan peluru di Rumah Sakit Bhayangkara, Bandarlampung yang disita dari tersangka Saleh, begal yang ditembak mati.
Wakil Direktur Reserse kriminal Umum Polda lampung, AKBP Adrian Indra Nurinta didampingi Kasubdit III Jatanras, AKBP Ruli Andi Yunianto (kaos hitam) saat menunjukkan barang bukti senpi dan peluru di Rumah Sakit Bhayangkara, Bandarlampung yang disita dari tersangka Saleh, begal yang ditembak mati.

Zainal Asikin |Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Tim Khusus Antibandit (Tekab) 308 Jatanras Polda Lampung dan Polres Lampung Timur menembak mati pelaku begal bernisial S alias SR (35), warga Batu Badak, Kecamatan Marga Sekampung, Lampung Timur, Rabu dinihari,14 Maret 2018.

Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Lampung, AKBP Adrian Indra Nurinta mengaku, anggota tim Tekab 308 Polda Lampung terpaksa melumpuhkan tersangka, karena S  melawan polisi denan melepaskan tembakan ke arah petugas saat akan ditangkap di rumahnya.

AKBP Adrian Indra Nurinta didampingi Kasubdit III Jatanras AKBP Ruli Andi Yunianto mengatakan, petugas terpaksa menindak tegas melumpuhkan tersangka Saleh dengan timah panas, karena adanya perlawanan aktif saat dilakukan penangkapan.

“Saat akan ditangkap di rumahnya, tersangka melawan dengan melepaskan tembakan kearah anggota sebanyak dua kali letusan. Karena sudah membahayakan, terpaksa petugas menembak tersangka dan tepat mengenai dada kanan dan tangan kanannya,”ujarnya saat gelar ekpos di Rumah Sakit Bhayangkara, Bandarlampung, Rabu (14/3/2018).

Selanjutnya, kata Adrian, petugas membawa pelaku ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk mendapat pertolongan medis. Namun sampainya di Rumah Sakit, nyawa tersangka sudah tidak dapat tertolong lagi.

“Tersangka S tewas setelah sampai di Rumah Sakit. Penangkapan tersangka, masuk dalam target operasi (TO),”ungkapnya.

Menurutnya, selain masuk dalam target operasi (TO), penangkapan tersangka juga berdasarkan atas Laporan Polisi Nomor : Lp / 17- B / II /2018 / Polda Lpg/ Res Lamtim/ Sek Marga Sekampung, Tanggal 22 Februari 2018.

Dari penangkapan tersangka, petugas menyita barang bukti berupa satu pucuk senjata api rakitan jenis revolver beserta empat butir peluru, dua peluru aktif dan dua butir selongsong.

Selain itu:  satu unit sepeda motor Honda Supra Fit warna merah hitam BE 6795 NJ diduga milik korban, satu buah kunci letter T beserta dua buah anak kuncinya.

Dari hasil penyelidikan, lanjut perwira menengah ini, tersangka Saleh setidaknya sudah melakukan aksi kejahatan pencurian dengan kekerasan (curas) sepeda motor di delapan lokasi TKP di wilayah di Lampung. Bahkan tersangka ini juga, dikenal sangat mersesahkan masyarakat sekitar Marga Sekampung, Lampung Timur melakukan tindakan kekerasan dengan melakukan penodongan menggunakan senjata bapi dan senjata tajam.

“Tersangka S merupakan residivis kasus C3 (curat, curas dan curanmor). Pada tahun 2005 pernah ditangkap Polsek Jabung, setelah keluar dari penjara tersangka kembali ditangkap Polsek Marga Tiga pada tahun 2014/2015,”terangnya.

Dikatakannya, saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan lebih lanjut, dimana pelaku menjual barang hasil curian dan mencari dugaan adanya pelaku lainnya yang masuk dalam komplotan tersangka.

Loading...