Beranda Politik DPRD Lampung Tes CAT CPNS, Komisi I DPRD Lampung Imbau Masyarakat Ikut Pantau

Tes CAT CPNS, Komisi I DPRD Lampung Imbau Masyarakat Ikut Pantau

3438
BERBAGI
CAT Tes CPNS 2018 (dok)

TERASLAMPUNG.COM —  Komisi I DPRD Lampung meminta masyarakat berperan aktif dalam mengantisipasi adanya kebocoran dalam proses ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui Computer Assisted Test (CAT).

CAT sendiri terdiri atas  Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Sekretaris Komisi 1 DPRD Lampung, Mikdar Ilyas, meminta masyarakat punya keberanian melaporkan dugaan  kebocoran dan aksi para joki.

“Kalau melihat ada kejanggalan, silakan laporkan ke kami,” kata dia, Selasa, 28 Januari 2020.

Untuk mengantisipasi kebocoran,kata Mikdar Ilyas, pihaknya akan memantau pelaksanaan CAT di kampus Institute Teknologi Sumatera (ITERA).

“Meskipun peluang kebocoran sangat kecil,kami akan lakukan pemantauan,” ujarnya.

Sebelumnya,  Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Republik Indonesia, Bima Haria Wibisana, mengatakan soal-soal CAT dijamin tidak bocor.

Menurut Bima, soal CAT hanya bisa dibuka oleh peserta pada saat pelaksanaan CAT sesuai dengan logging dan password masing-masing.

“Kami  menjamin soal-soal tersebut tidak bocor. Karena saya sendiri saja tidak bisa membukanya,” kata Bima,di sela-sela rapat koordinasi persiapan seleksi CPNS formasi Tahun 2019, di Bandarlampung,Kamis, 23 Januari 2020.

Menurutnya, hasil CAT langsung bisa ditayangkan dan dilihat.

“Bahkan diluar ruangan juga bisa melakukan monitor dan bisa melihat,” kata dia.

 

Loading...