Beranda Views Opini Testimoni Penyair Sihar Ramses Simatupang tentang Pengembalian Honor kepada Denny J.A.

Testimoni Penyair Sihar Ramses Simatupang tentang Pengembalian Honor kepada Denny J.A.

741
BERBAGI
Sihar Ramses Simatupang (Ist)

TERASLAMPUNG.COM–Penyair Sihar Ramses Simatupang melelang koleksi bonsai dan batu akiknya untuk mengembalikan honoraium yang pernah diterimanya dari Denny J.A. Mengapa Sihar harus mengembalikan honor Rp 3 juta itu? Ini testimoninya:

Kasus sastrawan Saut Situmorang yang berkasnya akan masuk di Kejaksaan untuk pelanggaran UU ITE dengan ganjaran penjara maksimum 6 tahunlah yang membuat aku emosional, sedih, marah sekaligus merasa bersalah. Sekitar lima hari lalu aku dipanggil sebagai saksi di kantor Polres Jakarta Timur, 3 jam aku diperiksa sebagai saksi. 


Lelang ini untuk memenuhi janjiku pada khalayak sastra untuk kembalikan honorarium sekaligus untuk melepaskan 3 juta itu dari mukaku sekaligus melepaskan degil, kenaifanku kertika menerima uang 3 juta untuk honor puisi yang diberikan sastrawan Fatin Hamama untuk kemegahan nama Denny JA.


Aku tak pernah tahu kalau puisiku mengantar dia ke penerbitan buku 33 Tokoh SastrawanIndoneia Paling Berpengaruh, sehingga namanya bersanding dengan sastrawan besar Amir Hamzah dan Chairil Anwar dan yang lainnya! Semua karena agenda pemberian puisi, buku puisi, yang membuat Denny JA berhasil mengklaim diri sendiri – lewat tim 8 nya – sebagai salah satu sastrawan yang masuk dalam buku 33 Tokoh Sastra Indonesia Paling Berpengaruh! Ayo kerumunan publik sastra. 


Di mana kini keramaian itu? Diam dan jeruji 6 tahun bagi seorang sastrawan Indonesia? Come on, broooo…

Loading...