Tetapkan Jadwal Pasti Muktamar NU, PBNU akan Bahas Pekan Ini

Ketua Umum PB NU, K.H. Said Aqiil Siradj
Ketua Umum PB NU, K.H. Said Aqiil Siradj
Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siraj mengatakan pihaknya akan menggelar rapat bersama jajarannya untuk menentukan jadwal pasti Muktamar ke-34 NU di Lampung. Menurutnya, rapat akan segera digelar pada pekan ini.

Said mengaku sudah mengecek kesiapan lokasi Muktamar NU di Kompleks Ponpes Darussa’adah, Gunungsugih, Lampung Tengah, pada  Senin (29/11).

“Minggu-minggu ini kita akan adakan rapat dahulu bersama jajaran kepengurusan PBNU,” kata Said dalam keterangan resminya, Selasa (30/11).

Said mengatakan, Forum Rapat PBNU merupakan mekanisme untuk memutuskan kapan jadwal muktamar definitif digelar ketika kondisi Muktamar ke-34 NU belum memungkinkan terkait Covid-19.

Rapat terbatas itu hanya akan dihadiri Ketum PBNU Said Aqil Siraj, Rais Aam PBNU Miftahul Akhyar, Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf dan Sekjen PBNU Helmy Faishal Zaini.

Menurutnya, hal itu sesuai dengan rekomendasi Munas Alim Ulama dan Konbes NU beberapa waktu lalu.

Muktamar NU semula dijadwalkan  akan digelar pada 23-25 Desember 2021. Namun, kemungkinan pelaksanaan agenda muktamar itu bisa diundur atau dimajukan.

Perubahan jadwal itu dilakukan karena adanya keputusan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy terkait penerapan status PPKM Level 3 di seluruh Indonesua pada masa lbur Natal dan Tahun Baru 2022.

“Intinya kami  siap menggelar Muktamar. Terkait tanggal dan hari, kaami  belum tentukan. Makanya kami cek dulu kesiapannya. Yang Jelas kami  siap mengadakan hajat NU ini,” kata Said.

Selain itu, Said menganggap adanya aspirasi untuk memajukan dan memundurkan pelaksanaan waktu Muktamar. Menurutnya, pendapat itu  sah-sah saja.

“Yang jelas pekan ini akan bermusyawarah dahulu untuk menentukan tanggal yang tepat,” katanya.

Meskipun pengurus PBNU menyakan siap menggelar Muktamar NU pada Desember 2021, faktanya sampai hari ini pembangunan aula tempat pembukaan Muktamar NU di Kompleks Ponpes Darussa’adah, Gunungsugih, Lampung Tengah, belum selesai.

Wakil Ketua Panitia Muktamar ke-34 NU, Ahmad Ishomuddin, mengatakan para pekerja sudah diminta siap lembur agar pembangunan aula segera rampung.

“Para pekerja akan bekerja lembur total agar pembangunan aula cepat selesai,” katanya.