Beranda Hukum Kriminal Tewas Ditembak Polda Lampung, Begal asal Lampung Timur Ini Pernah Tembak Mati...

Tewas Ditembak Polda Lampung, Begal asal Lampung Timur Ini Pernah Tembak Mati Korbannya

836
BERBAGI
Kasubdit III Jatanras Polda Lampung, AKBP Roy Setya Putra saat berikan keterangan terkait penangkapan tersangka Saleh alias Ilham begal sadistis yang ditembak mati.

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Polda Lampung menyatakan Saleh alias Ilham (35), tersangka kasus pembegalan yang ditembak mati oleh petugas Subdit III Jatanras Polda Lampung, Rabu (23/8/2017) pagi sekitar pukul 04.00 WIB, merupakan residivis yang sudah puluhan kali melakukan aksi pembegalan dan perampokan di beberapa tempat kejadian perkara (TKP) di Lampung. Bahkan dari salah satu aksinya, tersangka Saleh pernah menembak mati korbannya.

Menurut Kasubdit III Jatanras Polda Lampung, AKBP Roy Setya Putra, berdasarkan catatan kepolisian, ada puluhan lokasi aksi pencurian yang dilakukan tersangka Saleh alias Ilham tersebut.

Tersangka melakukan aksi pembegalan dan pencurian dengan kekerasan (curas), tidak hanya di wilayah Lampung Timur saja melainkan di wilayah Metro dan Bandarlampung.

“Untuk di Lampung Timur, ada delapan TKP lalu beberapa TKP lainnya adalah di Metro dan Bandarlampung,”ujarnya di Rumah Sakit Bhayangkara, Rabu (23/8/2017).

Menurutnya, tersangka Saleh beraksi bersama beberapa orang yang menjadi komplotannya, tersangka berganti-ganti rekan saat menjalankan aksinya.

“Salah satu rekan tersangka bernama Hendra, sudah menyerahkan diri ke Polres Lampung Timur belum lama ini Juli 2017,”ungkapnya.

Roy mengutarakan, saat melakukan aksinya, tersangka Saleh terkenal sadis dan tersangka tidak segan-segan melukai korbannya. Bahkan ada salah satu korban bernama Sugeng, tewas setelah ditembak tersangka tepat bagian dada dan bokongnya. Peristiwa pencurian tersebut, terjadi di daerah Labuhan Maringgai, Lampung Timur tahun 2016 lalu.

“Saat melakukan aksinya, tersangka Saleh perannya sebagai eksekutor dan rekannya Hendra mengawasi situasi sekitar dan lainnya membawa motor curian lalu dijual,”terangnya.

Petugas Subdit III Jkatanras Polda Lampung, menembak mati Saleh alias Ilham (35), tersangka begal dan juga perampokan saat penyergapan di rumahnya di Desa, Tebing, Melinting, Lamping Timur, Rabu (23/8/2017) pagi sekitar pukul 04.Beraksi d

Saat akan dilakukan penangkapan di rumahnya, tersangka berusaha kabur melalui pintu depan dan melepaskan tembakan ke arah petugas. Karena ada upaya perlawanan, petugas melakukan tindakan tegas melumpuhkan Saleh dengan timah panas di dada dan kakinya.

“Tersangka Saleh alias Ilham tewas, saat perjalanan menuju ke Rumah Sakit,”ujarnya saat menggelar ekspos di Rumah Sakit Bhayangkara, Rabu (23/8/2017).

Dari penangkapan tersangka, kata Roy, disita barang bukti sepucuk senjata api rakitan jenis revolver, tiga butir amunisi, dua butir selongsong peluru, sebilah golok dan satu unit sepeda motor Honda Beat warna putih, tiga buah plat nomor kendaraan dan kunci letter T.

i

Loading...