Beranda Kolom Kopi Pagi “The Terminal” dan Doktor Tahar Si Ahli Minyak

“The Terminal” dan Doktor Tahar Si Ahli Minyak

95
BERBAGI
Ilustrasi

Fadli Pangestu

kopipagiokArcandra Tahar baru saja diberhentikan dari posisi Menteri ESDM. Bak jatuh lalu tertimpa tangga, Arcandra kini punya punya masalah kewarganegaraan. Dia berstatus tak punya negara.

“Iya, benar. Ada aturannya. Kalau Anda googlinglost US nationality’, nanti akan disebutkan alasan-alasan penyebab kehilangan warga negara AS. Salah satunya adalah menerima jabatan di Pemerintahan negara lain,” kata Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana.

Intinya, Pak Doktor Tahar telah kehilangan kewarganegaraan alias tak punya negara lagi.
Kisah beliau ini mengantarkanku ingatanku pada film The Terminal. Hingga lebih dari 10 kali film itu diputar-putar, hampir mendekati jumlah film Titanic yang aku tonton.

The Terminal merupakan sebuah film komedi-drama tahun 2004 yang diangkat dari sebuah cerita oleh Andrew Niccol dan Sacha Gervasi. Film ini dibuat dan disutradarai oleh Steven Spielberg dan dibintangi Tom Hanks dan Catherine Zeta-Jones.

Film ini bercerita mengenai seseorang yang terjebak di terminal Bandar Udara Internasional JFK setelah ia tidak diperbolehkan memasuki Amerika Serikat dan pada waktu yang sama tidak dapat kembali ke negara asalnya karena revolusi sedang berlangsung.

Lakon Viktor Navorski yang diperankan dengan sangat apik oleh Tom Hanks, seorang warganegara fiksi Krakozhia, membawa penonton seperti awak ini menjadi mellow, tertawa dan campur aduklah.

Tentu situasi dan kondisinya berbeda antara Viktor Navorski dan Doktor Tahar. Tetapi lakon kelucuan, kesedihan yang menempatkan Navorski dan Doktor Tahar pada kondisi stateless hampir sama. Bahkan pemain pendukung dari kelucuan ini sungguh sangat amatiran sehingga kelucuannya tampak alami.

Lantak kelenlah….

Loading...