Beranda News Pilbup KPU: Tidak Ada Calon Independen dalam Pilbup Lampung Utara

KPU: Tidak Ada Calon Independen dalam Pilbup Lampung Utara

474
BERBAGI
Anggota KPU Lampura, Aprizal Ria menandatangani berita acara penutu‎pan penyampaian berkas bagi calon perorangan atau calon independen..

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Komisi Pemilihan Umum Lampung Utara memastikan Pemilihan ‎Bupati (Pilbup) 2018 mendatang tidak akan diikuti oleh calon independen (perseorangan). Sebab, menurut anggota KPU Lampung Utara Aprizal Ria, hingga batas akhir penyerahan berkas pencalonan, tidak ada seorang pun calon perorangan menyerahkan berkas.

“Karena tak ada seorang pun yang menyampaikan berkas calon perseorangan atau independen hingga tengah malam ini maka kami nyatakan Lampura tak ada calon perorangan atau independen,” kata Aprizal Ria, didampingi dua koleganya, yakni Tedy Yunada dan Mat Ahir saat mengumumkan penutupan waktu penyampaian berkas bagi calon perorangan, Kamis (30/11/2017) sekitar pukul 00.00 WIB.

Aprizal menuturkan, seluruh mekanisme dan tahapan telah mereka lakukan guna ‘menarik’‎ minat dari bakal calon untuk meramaikan jalur perorangan yang selama ini acap kali sepi peminat.

Sayangnya, para bakal calon sepertinya masih lebih tertarik menggunakan jalur partai politik ketimbang jalur perorangan. Padahal , sosialiasi atau publikasi untuk jalur perorangan ini telah mereka lakukan jauh – jauh hari.

‎Sosialisasi yang mereka lakukan tak hanya menyasar para tokoh masyarakat, partai politik, tapi juga menyasar pada seluruh pemangku kepentingan di Lampura.

“Tak adanya minat untuk jalur ini, mungkin karena bakal calon lebih memilih melalui jalur partai politik,” jelasnya.

Sementara mengenai agenda terdekat yang akan dilakukan pihaknya terkait Pilbup atau Pemilihan Gubernur, Aprizal mengatakan, pihaknya akan menggelar bimbingan teknis kepada seluruh penyelenggara Pemilu tingkat kecamatan dan desa. Tujuannya tak lain untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilbup dan Pilgub yang akan digelar secara serentak.

“Bimtek ‎ini untuk menguatkan kelembagaan dan memperjelas tugas dan fungsi penyelenggara Pemilu supaya penyelanggaran Pilkada serentak mendatang dapat berjalan dengan sukses,” papar dia.

Pengumuman penutupan penyampaian berkas dari jalur independen ini disaksikan oleh dua Komisioner Panitia Pengawas Pemilu (Ma’sum Busthomi dan Agus R) dan perwakilan dari KPU Provinsi Lampung serta perwakilan dari Polres Lampura.

Loading...