Tidak Lolos Sebagai Anggota DPR RI, Siti Nurbaya Malahan Jadi Menteri

  • Bagikan
Siti Nurbaya Bakar (Ist/Nasdem)

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com—Warga Lampung layak bangga dengan lolosnya tokoh Lampung, Siti Nurbaya, sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dalam Kabinet Kerja Jokowi-JK. Meski tidak memiliki pengalaman di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, Mbak Baya, sapaan akrabnya, memiliki jejak panjang sebagai birokrat kaya pengalaman.

Ketika menjabat sebagai Wakil Kepala Bappeda Lampung, ia pernah ‘menjadi korban’ pertarungan pihak lain yang mengaitkannya dengan kasus korupsi gempa Liwa.Namun,  proses hukum di pengadilan membuktikan dia tidak bersalah. Kariernya pun kemudian melesat berkat prestasi, keuletan, dan kecerdasannya.

Beberapa penghargaan pernah diraih perempuan kelahiran 28 Agustus 1956 ini. Antara lain menjadi salah satu dari 100 Wanita Terinspiratif 2008 versi majalah Kartini edisi khusus 21 April–5 Mei 2008, The 99 Most Powerful Women in Indonesia 2007 (bersama Megawati Soekarnoputri, Ibu Ani Yudhoyono, Sri Mulyani, dll.) versi majalah Globe Asia Oktober 2007. Tahun 2004. Ia juga pernah terpilih sebagai PNS Teladan Nasional oleh Presiden RI dan Prestasi Kerja Yang Luar Biasa oleh Mendagri.

Selain pernah menjadi Wakil Kepala Bappeda Lampung, Siti Nurbaya pernah menjawab sebagai Sekjen Depdagri (2001-2005) dan Sekjen DPD RI (2006-2013). Ia kemudian masuk dunia politik praktis dengan bergabung Partai Nasdem (2013). Ia menjadi salah satu ketua DPP Partai Nasdem.

Pada Pemilu 2014 lalu, Siti Nurbaya mencalonkan diri sebagai calon anggota DPR RI dari Partai Nasdem untuk daerah pemilihan Lampung.Namun, nasib baik belum berpihak padanya. Meskipun cukup  terkenal di Lampung, Siti Nurbaya tidak lolos ke Senayan.

Tidak lolos menjadi legislator di Senayan bukan berarti kiamat bagi Siti Nurbaya. Ia justru dipilih Presiden Joko Widodo untuk menjabat sebagai Menteri Lingkungan Hiidup dan Kehutanan.

Dukungan untuk menjadi menteri justru kuat. Salah satunya dari Seknas Jokowi Lampung. Ketua Seknas Jokowi Lampung, Dedy Mawardi, merekomendasikan Mbak Baya sebagai salah satu calon menteri asal Lampung kepada  Presiden Jokowi. Selain Siti Nurbaya, Seknas Jokowi Lampung juga merekomendasikan  mantan Kasad Ryamizard Ryacudu  dan  mantan Wakil Menteri  Parekraf  Sapta Nirwandar.

Mas Alina Arifin

  • Bagikan