Tiga Imigran asal Somalia Diamankan saat Berusaha Cari Suaka ke UNHCR

  • Bagikan

Zainal Asikin|teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN — Kepala Kantor Imigrasi kelas III Kalian Edi Firyan saat dikonfirmasi membenarkan, pihaknya telah menerima pelimpahan tiga imigran asal Somalia yang diamankan oleh petugas KSKP Bakauheni di Seaport Interdiction Pelabuhan (SIP) Bakauheni, pada Senin (7/11/2016) siang.

Menurutnya, ketiga imigran asal Somalia yang diamankan tersebut terdiri atas dua orang wanita bernama Mandes (21), Istahil (22) dan seorang anak laki-laki bernama Annas yang masih berusia 2 tahun.

“Ketiga imigran tersebut diamankan karena mereka tidak punya pashpor dan visa untuk masuk Indonesia,”ujar Edy, Senin (7/11/2016) malam.

Edi Firyan mengutarakan, dari hasil pemeriksaan kedua imigran tersebut mengaku, mereka berangkat dari negaranya Somalia menuju ke Malaysia secara resmi. Untuk menghindari pemeriksaan petugas imigrasi, mereka masuk ke Indonesia melalui telabuhan tradisional.

Sesampainya di Medan, Sumatera Utara, kata Edi, ketiga imigran ilegal asal Somalia tersebut menumpang bus ALS dengan tujuan Jakarta. Mereka akan pergi menuju ke kantor perwakilan UNHCR di Indonesia yang ada di Jakarta untuk mencari suaka.

“Alasan mereka mencari suaka ke kantor perwakilan UNHCR di Jakarta, karena kondisi di negaranya sedang dilanda kemelut. Sehingga, mereka mencoba mencari suaka untuk mengubah nasib hidup mereka,”terangnya.

Dikatakannya, rencananya ketiga imigran ilegal asal Somalia tersebut, akan dikirim ke rumah Detensi. Namun, pihaknya masih menunggu koordinasi dari Kantor Imigrasi pusat.

“Saat ini kami masih menunggu, apakah ketiga imigran tersebut akan dikirim ke rumah Detensi di Jakarta atau yang lainnya,”ungkapnya.

  • Bagikan
You cannot copy content of this page