Beranda Seni Film Tiga Karya Sineas Lampung Jadi Pembuka JAFF Community Forum

Tiga Karya Sineas Lampung Jadi Pembuka JAFF Community Forum

46
BERBAGI
Film "Agus dan Agus". Sumber: Youtube

TERASLAMPUNG.COM–Tiga film karya sineas Lampung akan menjadi pembuka perhelatan “15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum” di Lampung pada Kamis (26/11/2020).

Pembukaan akan dilaksanakan secara tertutup dan terbatas mulai pukul 13.00 WIB  di Gedung Dewan Kesenian Lampung Kompleks PKOR, Way Halim, Bandarlampung dengan mengundang penggiat film dan stakeholder perfilman Lampung.

Pembukaan akan mengambil tema “Sekura Lampung” sebagai bentuk penghargaan kepada sineas Lampung yang menjadi “wajah/topeng” dalam perkembangan sinema di Lampung, yang karyanya telah meraih penghargaan di festival nasional maupun internasional.

Ketiga film yang akan diputarkan dalam pembukaan Festival Film Internasional dari JAFF ini adalah “Agus dan Agus” sebuah film fiksi karya Aji Aditya yang terpilih menjadi Official Selection HANIFF 2016. Lalu “Anak Koin” karya Chrisila Wentiasri yang menjadi Nominated as Best Short Documetary of FFI 2017. Terakhir film animasi berjudul “Kita Satu” karya Aga Arsari yang terpilih sebagai Best Animation Film of Gemastik 2017.

Menjadi salah satu dari 15 kota penyelenggara acara festival film internasional ini, Lampung mulai dilihat sebagai salah satu provinsi yang aktif dalam berkegiatan film. Dengan tajuk “15th JAFF Community Forum Lampung”, kegiatan ini akan diselenggarakan pada 26-28 November mendatang.

Nada Bonang selaku Festival Director of 15th Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) Community Forum di Lampung mengungkapkan bahwa selama tiga hari tersebut, para penggiat dan penikmat film di Lampung dapat mengikuti kegiatan yang meliputi Eksebisi Film, Forum Komunitas, dan Community Expo ini.

“Hadiah besar untuk menambah wawasan film teman-teman sineas di Lampung. Semoga nanti di dalam Forum Komunitas kita juga bisa bahas sedikit tentang tata cara pengajuan pembiayaan produksi film”, kata Nada.

Nada Bonang kembali mengungkapkan, bahwa akan ada 5 program utama pemutaran yang akan berlangsung pada tanggal 27-28 November 2020, yaitu Asian Prespective, Indonesian Film Splash Short, JAFF-NETPAC, Light of Asia, dan Layar Komunitas.

Asian Prespective adalah program yang menyajikan film-film yang dianggap sebagai wajah sinema Asia tahun ini. Sementara Indonesian Film Splash Short menyajikan film-film pendek Indonesia terkurasi dari JAFF.

Untuk JAFF-NETPAC yaitu suatu program yang menyajikan film karya sutradara Asia yang memberikan kontribusi sinematik yang dinilai penting bagi gerakan sinema baru Asia. Light of Asia berisi program yang menyuguhkan perspektif khas sekaligus universal mengenai tanah dan kedirian/kedirian/eksistensial dari film sutradara Asia.

Terakhir Layar Komunitas, berisi film-film produksi komunitas film seluruh Indonesia yang terjaring dari 15th JAFF Community Forum.

Dari masing2 program tersebut, beberapa film terpilih -dari total ratusan film yang ikut serta dari seluruh penjuru benua Asia- akan ditayangkan dengan kuota terbatas. Jumlah penonton dibatasi 50 orang per filmnya dengan menaati protokol kesehatan COVID-19.

Bagi yang berminat, dapat memesan tiketnya melalui loket.com yang sudah dapat diakses sejak 18 November seharga Rp 10.000,- per show atau tiket bundle yang dapat dipesan melalui Instagram @klub.nonton.