Beranda Hukum Kriminal Tiga Pembobol Mesin ATM BRI Kotabumi Jalan Santai Saat akan Ditangkap

Tiga Pembobol Mesin ATM BRI Kotabumi Jalan Santai Saat akan Ditangkap

2256
BERBAGI
Anggota Polres Lampung Utara memeriksa rekaman CCTV di Bank BRI Unit Kali Umban Kotabumi, Minggu malam (19/6).

Feaby/Teraslampung.com

Kotabumi--Tiga pelaku yang terlibat dalam upaya pembobolan ATM Bank BRI Unit Kali Umban, Kotabumi, Lampung Utara diduga ‎merupakan spesialis pembobol ATM. Dengan lihainya, ketiga pelaku sempat mengecoh warga yang hendak menangkapnya.

“Saat mau ditangkap, mereka hanya jalan santai dan tak berusaha lari,” kata Sukiman (30), warga sekitar.

Sukiman menceritakan, selepas turun dari mobil, ketiga pelaku ‎berpencar ke arah yang berlawanan. Dua ke arah Bank Lampung, sementara pelaku berkaos hitam berjalan ke arah jembatan melintasi kantor Bank BRI. Kedua pelaku yang berjalan dengan santainya ke arah Bank Lampung berhasil diamankan dirinya dengan warga lainnya saat mendengar teriakan warga.

Kebetulan saat itu, kedua pelaku melintas di depan tempat dirinya bekerja. Tanpa ba – bi – bu, satu pelaku yang berperawakan kecil dan berjaket hitam langsung ditangkapnya.

Inilah mobil yang dipakai pemilik bengkel untuk mengantar pelaku yang tujuan awalnya ke penginapan. Ternyata, dalam perjalannya, para pelaku berhenti untuk membobol ATM bank BRI Kali Umban, Kotabumi
Inilah mobil yang dipakai pemilik bengkel untuk mengantar pelaku yang tujuan awalnya ke penginapan. Ternyata, dalam perjalannya, para pelaku berhenti untuk membobol ATM bank BRI Kali Umban, Kotabumi

Sementara, pelaku satunya lagi diamankan oleh warga lainnya. Namun, ia terkecoh dengan pengakuan tersangka yang kala itu menyatakan bahwa ia hanya kebetulan melintas dan bukan bagian dari komplotan pelaku.

Untuk meyakinkan pengakuan pelaku, ia bertanya dengan warga lainnya. Sayangnya, warga juga tak yakin jika pelaku yang diamankannya merupakan bagian dari komplotan spesialis pembobol ATM. Akhirnya, pelaku dilepaskannya dan menghilang ke perkampungan warga.

“Tapi, begitu saya tangkap, ‎pelaku yang saya tangkap itu bilang bukan pelakunya. Jadi, saya lepaskan, saya takut salah tangkap,” kata Sukiman (30),

Begitu pun dengan pelaku yang ditangkap di dekat jembatan, kata dia lagi, saat akan ditangkap, pelaku sempat pura – pura buang air kecil dan mengaku bukan pelaku pembobolan ATM. Beruntung, ada warga yang sempat mengenalinya usai kabur dari kantor Bank BRI.

“Kalau enggak ada warga yang kenal dengan penampilannya tadi, mungkin pelaku itu juga lolos.

Komplotan pembobol ATM berusaha membobol ATM Bank BRI Unit Kali Umban, Kotabumi, Minggu (19/6) sekitar pukul 22:10 WIB. Beruntung, aksi ini kepergok warga sehingga berhasil digagalkan. Dua dari tiga pelaku berhasil diamankan ke Mapolres Lampung Utara.