Beranda Hukum Kriminal Tiga Penjual-Pembeli Gading Gajah Dicokok di RM Begadang V

Tiga Penjual-Pembeli Gading Gajah Dicokok di RM Begadang V

988
BERBAGI
Petugas menyita dua gading gajah berukuran besar dari para tersangka yang digerebek di RM Begadang V di Bandarlampung, Jumat malam (27/7/2019).
Petugas menyita dua gading gajah berukuran besar dari para tersangka yang digerebek di RM Begadang V di Bandarlampung, Jumat malam (27/7/2019).

TERASLAMPUNG.COM — Petugas gabungan meringkus tiga pembeli dan penjual gading gajah di Rumah Makan (RM) Begadang V, Jalan Soekarno-Hatta Bandarlampung, Sabtu, pukul 23.30 WIB. Petugas menyita sepasang gading gajah berukuran besar dan masih segar yang diduga hasil perburuan gajah liar.

Penangkapan para pelaku dilakukan tim terpadu dari Tim Reaksi Cepat (TRC) yang tergabung dari Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS), Wildlife Conservation Society (WCS) dan Yayasan Badak Indonesia (Yabi).

Kepala Seksi Wilayah III Palembang Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum Kehutanan dan Lingkungan Wilayah Sumatera, M. Hariyanto, mengatakan tiga tersangka masing-masing MAC, Su, dan Jul.

MAC (45) dan keponakannya, Jul (23), adalah warga Kecamatan Kotabumi, Lampung Utara, sedangkan Su (42) merupakan warga Desa Sukanegara, Kecamatan Tanjungbintang, Lampung Selatan.

“Kami masih mengejar pemilik asli dan jaringan lainnya,” kata Hariyanto, dalam eksposnya, Sabtu, 27 Juli 2019.

Menurut Hariyanto pihaknya juga mendalami usia gading gajah dan tempat pemotongan, meski besar kemungkinan berasal dari gajah liar di wilayah Taman Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Menurutnya para pelaku akan di jerat pasal 40 ayat 2, Unadang-undang nomor 5 tahun 1990 tentang BKSDA dan ekosistem dengan hukuman 5 tahun pejara dan denda 100 juta.

“Dua orang pelaku ditetapkan sebagai tersangka yakni MAC dan Su, keduanya berperan sebagai penjual dan pembeli,” ungkapnya

Kepada petugas Su mengaku sepasang gading gajah tersebut merupakan milik keluarganya yang tersimpan sejak lama di kediamannya.

“Gading itu punya keluarga. Saya memang ingin  jual seharga Rp50 juta. Gading itu disimpan di rumah saya sudah 4 tahun,” katanya.

Sedangkan MAC mengaku dia  hanya sebagai perantara jual beli gading gajah tersebut.

 

Loading...