Beranda Pendidikan Kabar Sekolah Tiga Siswa Sekolah asal Lamsel Ikut Olimpiade Sains Tingkat Nasional

Tiga Siswa Sekolah asal Lamsel Ikut Olimpiade Sains Tingkat Nasional

206
BERBAGI

LAMPUNG SELATAN, Teraslampung.com Tiga siswa sekolah terdiri dari 2 siswa sekolah dasar (SD) dan 1 siswa sekolah menengah pertama (SMP) asal Kabupaten Lampung Selatan, mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2016 yang digelar di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 15-21 Mei 2016.

“Para siswa yang mengikuti OSN di Kota Palembang merupakan para pemenang OSN di Tingkat Provinsi Lampung,” ujar Kasi Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Lamsel Nini Triani, saat ditemui di ruangkerjanya, Kamis (19/5).

Menurut Nini Triani, ke-3 siwa yang mengikuti OSN tingkat Nasional itu berasal dari tiga sekolah di Lampung Selatan yaitu, SDN 1 Way Urang Kalianda atasnama R. Ramadita Nandi Wardhana, SDN Rantau Minyak, Candipuro atasnama Amar Ageng Kurniawan, dan SMPN 1 Tanjung Sari atas nama Radhitya Agung Purwanto.

“Masing-masing peserta akan mengikuti lomba OSN dengan matapelajaran Matematika, IPA dan IPS. Selain mewakili Kabupaten Lamsel, mereka ini juga merupakan perwakilan untuk Provinsi Lampung,” jelasanya.

Nini mengungkapkan, sebelum diikutsertakan dalam OSN tingkat Nasional di Kota Palembang, para siswa asal Kabupaten Lamsel tersebut diberikan les privat oleh para guru pembimbing dengan matapelajaran-nya masing-masing.

“Selain mengikuti pelatihan di kabupaten, peserta juga diikutsertakan dalam TC yang dilaksanakan di Provinsi Lampung selama satu minggu, sebelum diberangkatkan ke Kota Palembang. Itu dilakukan sebagai persiapan, sebab yang mengikuti lomba OSN tingkat Nasional ini adalah para juara dari masing-masing Provinsi di Indonesia,” ungkapnya.

Dikatakan Nini, OSN bertujuan untuk memfasilitasi sekaligus memotivasi siswa berbakat di bidang sains untuk dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai bidang ilmu yang diminati.

OSN juga, lanjutnya, bertujuan untuk menjaring siswa calon peserta Olimpiade Sains tingkat Internasional. Sekaligus membentuk karakter jujur, disiplin, sportif, dan kreatif, dengan harapan dapat merajut persahabatan  antar sesama siswa.

“Kita semua pastinya berharap, mudah-mudahan peserta lomba OSN asal Kabupaten Lamsel bisa menjadi juara dalam olimpiade sains di tingkat Nasional tahun 2016 ini,” katanya.


Iwan J Sastra