Beranda News Nusantara Tiga Skenario PT ASDP Ketapang Menghadapi Arus Mudik Idul Fitri 2016

Tiga Skenario PT ASDP Ketapang Menghadapi Arus Mudik Idul Fitri 2016

113
BERBAGI
Kapal roll on roll of (roro) di jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

TERASLAMPUNG.COM —Menghadapi arus mudik dan balik angkutan Lebaran tahun 2016, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, menyiapkan sebanyak 52 armada kapal, termasuk cadangan untuk melayani pengguna jasa.

“Kami telah menyiapkan tiga skenario, yakni pengoperasian sebanyak 32 kapal pada kondisi normal, 36 armada pada kondisi padat dan 38 armada pada kondisi sangat padat untuk menyeberangkan para pemudik dari Pulau Jawa menuju Pulau Bali atau sebaliknya,” kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ketapang, Yusuf Hadi, Senin (27/6).

Yufu memastika  ke-52 armada tersebut dipastikan laik laut karena sudah melakukan proses docking (perbaikan), dan siap melayani masyarakat yang akan menyeberang dari Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk ataupun sebaliknya.

“Sesuai skenario operasi normal maupun padat, akan dioperasikan sebanyak 32 armada sampai dengan 38 armada sedangkan sisanya menjadi armada cadangan,” kata Yusuf.

Selanjutnya, 14 dermaga telah siap melayani para pemudik yang akan mengunakan jasa penyeberangan Ketapang – Gilimanuk. Untuk dermaga MB 1 dan MB 2 di Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk sudah direhabilitasi dan dapat melayani kapasitas hingga 35 Ton yang sebelumnya hanya berkapasitas 20 Ton.

Kepadatan pemudik yang diperkirakan mulai terjadi pada H-7 hari Rabu tanggal 29 Juni 2016 dan puncak arus mudik diprediksi pada H-4 hari sabtu tanggal 2 Juli 2016 dengan kenaikan sekitar 3-6 persen.