Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Tiga Tahun DPRD Lampung Utara Tidak Pernah Terima Perda APBD

Tiga Tahun DPRD Lampung Utara Tidak Pernah Terima Perda APBD

505
BERBAGI
Kantor DPRD Lampung Utara
Kantor DPRD Lampung Utara

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi — Tanpa alasan  yang jelas, DPRD Lampung Utara selama tiga tahun terakhir ini tidak pernah mendapat Peraturan Daerah APBD dari Pemkab Lampung Utara. Dampaknya, mereka tidak dapat melakukan pengawasan kepada eksekutif lantaran tidak memegang Perda APBD yang telah dievaluasi oleh Pemerintah Provinsi Lampung.

‎”Perda APBD yang telah dievaluasi oleh Pemprov Lampung sampai tiga tahun ini belum pernah kami terima,” papar Ketua DPRD Lampung Utara, Rachmat Hartono usai sidang paripurna laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2018, di gedung DPRD, Rabu (17/7/2019).

Padahal, Perda APBD ini merupakan pijakan awal mereka ‎dalam mengawasi penggunaan anggaran sesuai dengan tugas pokok dan fungsi mereka selain anggaran, dan peraturan.

Dengan tidak adanya Perda hasil evaluasi tersebut, langkah mereka dalam pengawasan menjadi tersendat. Perda APBD akan digunakan sebagai data pembanding.

“Apa yang mau kami awasi kalau Perda APBD hasil evaluasi itu tidak belum sampai ke kami,” sindir dia.

Menyikapi permintaan yang disampaikan langsung di hadapannya, Wakil Bupati Budi Utomo langsung menginstrusikan Inspektorat dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset untuk segera menyerahkan Perda APBD yang diminta oleh pihak DPRD Lampung Utara.

“Bentuk Perda APBD itu tentu pak Ketua DPRD sudah tahu karena ikut tanda tangan, tapi memang bentuk nyatanya belum ada. Nanti, Inspektorat dan BPKA yang akan tindaklanjuti ini,” ‎terang mantan Kepala BPKA itu.

Loading...