Tiga Tahun Pemkab Lampura Hentikan Program Umrah Gratis

Suasana ibadah umrah pada 10 Juni 2017/Foto: Ist
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Selama tiga tahun belakangan ini, Pemkab Lampung Utara tak lagi mengalokasikan anggaran untuk program umrah dan perjalanan rohani gratis. Penyebabnya tidak lain karena minimnya ketersediaan anggaran.

“Program umrah dan perjalanan‎ rohani terakhir kali dilakukan pada tahun 2019 silam,” kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Utara, Jonismon, Senin (24/1/2022).

‎Menurutnya, terdapat dua alasan mendasar yang menyebabkan program tersebut tak lagi dapat dijalankan sejak beberapa tahun terakhir ini. Selain karena kemampuan anggaran, program ini juga terkendala oleh pandemi Covid-19.

“Bukannya tak peduli, tapi karena kondisi keuangan yang tak memungkinkan dan ditambah lagi dengan pandemi Covid-19 ‎membuat program ini tak dapat terlaksana,” jelasnya.

Jonismon juga mengatakan, ‎tak berani memastikan apakah program itu dapat dijalankan dalam Perubahan APBD tahun 2022 ini atau tidak. Meski begitu, ia akan terlebih dulu melihat perkembangan situasi terkini sebelum mengusulkan program itu untuk dapat dimasukkan ke dalam Perubahan APBD mendatang.

“Kalau memang kondisinya mendukung, mungkin akan kami ajukan ke dalam Perubahan APBD tahun ini,” kata dia.

Jika memang disetujui, para peserta umroh maupun perjalanan rohani yang dapat mengikuti program ini akan berasal dari tokoh atau pemuka agama, atau sejenisnya. Jumlah pesertanya sendiri mungkin dapat mencapai puluhan orang berdasarkan pengalaman tahun – tahun sebelumnya.

“Lokasi yang dituju dari program ini di antaranya ialah Mekkah, Yerusallem, India,” terangnya.

You cannot copy content of this page