Tikus Sebabkan Kematian 10 Warga di Sampang

  • Bagikan
Tikus sedang makan (ilustrasi)

Bambang Satriaji/Teraslampungcom

JAKARTA–Sebanyak 10 orang warga Kabupaten Sampang, Jawa Timur, meninggal akibat terserang penyakit leptospirosis, dalam rentang delapan bulan terakhir.

Data RSUD Sampang, Sabtu (11/1/2014), menyebutkan jumlah pasien  meninggal terdiri dari sembilan orang pada 2013 dan seorang korban pada Januari 2014, yakni setelah banjir melanda kota itu selama 4 hari berturut-turut.

“Untuk saat ini jumlah warga Sampang yang terdata menderita penyakit leptospirosis dan mendapatkan perawatan medis di RSUD Sampang sebanyak 15 orang,” kata Humas RSUD Sampang dr Yuliono, Sabtu.

Yuliono mengatakan meskipun jumlahnya mencapai belasan bahkan seorang di antaranya meninggal dunia, pihaknya belum menetapkan sebagai kejadian luar biasa.

“Sebab, kasus leptospirosis kali ini tidak terfokus pada daerah tertentu dan sekaligus, sebagaimana tahun 2013,” kata dia.

BACA JUGA:   Dua Pedagang Positif Corona, Pemkot Cimahi Tutup Pasar Antri

Dinas Kesehatan Kota Semarang menyebutkan setidaknya sebanyak 12 orang meninggal akibat penyakit leptospirosis atau biasa disebut kencing tikus sepanjang 2013.

“Penyakit leptospirosis ini hampir ditemukan di seluruh wilayah di Semarang

Leptospirosis merupakan jenis penyakit yang mudah menular di tempat yang lembab, seperti di lokasi banjir. Setelah banjir, wabah besar leptospirosis memang sering muncul.

“Apalagi di Kabupaten Sampang sendiri termasuk wilayah lembab, akibat sering dilanda banjir,” tambah Yuliono.

Penyakit leptospirosis juga berjangjkit di Semarang. Dinas Kesehatan Kota Semarang menyebutkan setidaknya sebanyak 12 orang meninggal akibat penyakit leptospirosis atau biasa disebut kencing tikus sepanjang 2013. Penyakit leptospirosis ini hampir ditemukan di seluruh wilayah di Semarang.

BACA JUGA:   Ini Daerah yang akan Alami Hujan Lebat Hingga 3 Februari 2020

Penyakit serupa juga dikabarkan di Yogyakarta sejak November 2013. Meskipun banyak warga Yogya yang dirawat karena penyakit leptospirosis tetapi belum ada laporan pasien di Yogya .meninggal karena penyakit yang disebabkan air kencing tikus itu.

  • Bagikan