Tilang Elektronik di Bandarlampung akan Diresmikan Besok

  • Bagikan
Ruangan ETLE di Polresta Bandarlampung.
Ruangan ETLE di Polresta Bandarlampung.

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Mabes Polri akan meluncurkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau e-tilang besok (23/3) di 12 Polda se-Indonesia. Di Lampung, Polda Lampung menetapkan wilayah hukum Polresta Bandarlampung sebagai proyek percontohan (pilot project).

BACA: Ini Lima Lokasi Kamera CCTV Tilang Elektronik di Bandarlampung

“Itu program Korlantas Mabes Polri dan kami dalam hal ini Polresta Bandarlampung menjadi salah satu pilot projeck untuk Polda Lampung karena kami yang paling siap,” jelas Kapolresta Kombes Pol Yan Budi Jaya, Senin, 22 Maret 2021.

Kasat Lantas AKP Rafly menjelaskan sebelum diluncurkan ETLE ini sudah dilakukan uji coba dan sudah melakukan penindakan.

“Kami  sudah melakukan uji coba 2 hari dan semua jaringan internet tidak mengalami kendala, kita juga sudah melakukan penindakan 10 pelanggar lalu lintas,” jelasnya.

Dari 10 pelanggar yang dikirimkan surat tersebut sudah ada empat orang yang mendatangi Polresta Bandarlampung untuk mengurus pelanggarannya.

“Sudah ada 4 orang yang mendatangi kami di ruangan Gakkum di Gedung ETLE ini,” jelasnya.

AKP Rafly menambahkan, surat keterangan pelanggaran lalu lintas dikirim ke nama pemilik dari plat nomor kendaraan.

“Yang susah kalau kendaraannya sudah dijual. Kalau pemiliknya baik hati mau mengantarkan surat e-tilang itu baik kalau tidak, ada resikonya yang ditanggung dari pembeli kendaraan itu,” jelasnya. “Kami memberi waktu 7 hari untuk mengurus pelanggaran itu jika tidak STNK-nya kami blokir.”

Dandy Ibrahim

Loading...
  • Bagikan